SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG) PADA RUMAH SAKIT

Authors

  • Dhanis Aridanto Putra Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryantoro Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Sistem Informasi, Kepegawaian, Website, Observasi, Literatur

Abstract

Sistem Informasi Kepegawaian merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk proses penyimpanan dan pengolahan data. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada rumah sakit, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan studi literatur. Dalam proses administrasi kepegawaian mulai dari data pegawai, pensiun pegawai, cuti pegawai, mutasi pegawai, serta kenaikan pangkat pegawai atau golongan membutuhkan banyak pendataan untuk setiap prosesnya. Proses administrasi dilakukan dengan menyimpan file pegawai dalam bentuk lembaran kertas yang disimpan dalam ruang arsip, maka dibutuhkan begitu banyak lembar kertas dan mempersulit untuk menggali informasi karena data mengenai kepegawaian begitu banyak. Selain itu proses pendataan yang dilakukan dengan pencatatan ke dalam lembar kertas ataupun penyimpanan berkas kurang efisien. Penggunaan sistem informasi ini membawa banyak manfaat kepada petugas yang bertanggung jawab dengan data kepegawaian, yakni Untuk mengetahui proses pengelolalan kepegawaian yang berjalan di Rumah Sakit, Untuk membuat perancangan sistem informasi manajemen kepegawaian pada Rumah Sakit, dan Untuk melakukan implementasi sistem informasi manajemen kepegawaian pada Rumah Sakit.

References

Arbie. 2004. Manajemen Database dengan MYSQL. Yogyakarta : Andi
Fowler, Martin. 2005. UML Distilled Edisi 3: Panduan Singkat Pemodelan Objek Standar. Andi, Yogyakarta.
Hakim, Lukmanul dan Uus Musalini. 2004. Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Haliman dan Wulandari. 2012. Cerdas Memilih Rumah Sakit. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Henry C. Lucas Jr, 1993, Analisis Desain Dan Implementasi, Erlangga, Jakarta
Jogiyanto, Hartono. 1999. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.
Jogiyanto, Hartono. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi III. Yogyakarta: Andi.
Wijayanti, Martina P. 2010. Analisis Hubungan Auditor-Klien: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching di Indonesia. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang
Witarto. 2004. Memahami Sistem Informasi. Bandung: Informatika

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Dhanis Aridanto Putra, Andik Adi Suryantoro, & Amaludin Arifia. (2018). SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG) PADA RUMAH SAKIT. Prosiding SNasPPM, 3(1), 353–355. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/179