RANCANG BANGUN SISTEM PINTU MASUK WISATA BERBASIS ARDUINO DAN QR CODE

Authors

  • Bambang Paripurno Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andy Haryoko Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaluddin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Sistem pintu masuk wisata, Arduino, QR Code

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor utama dari pendapatan negara yang saat ini semakin berkembang di setiap wilayah. Terlepas dari hal tersebut, pertumbuhan dan perkembangan pariwisata di Indonesia tidak sebanding dengan pertumbuhan fasilitas dan sistem pelayanan yang ada terutama pada pelayanan di pintu masuk wisata. Hal ini menyebabkan permasalahan yang sering muncul dalam proses pelayanan pada pintu masuk wisata. Salah satu dari permasalahan yang sering muncul adalah terjadinya kepadatan antrian pada pintu masuk wisata khususnya pada hari libur yang sangat mengganggu kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah sistem pintu masuk yang mampu untuk mengatasi permasalahan kepadatan antrian pengunjung pada pintu masuk wisata. QR Code atau kepanjangan dari Quick Response Code adalah salah satu solusi yang dapat digunakan sebagai pengganti dari tiket masuk wisata yang dapat dipesan secara online pada website pariwisata tersebut. Dengan memanfaatkan tiket yang berupa QR Code, petugas pengecekkan tiket hanya perlu melakukan scanning QR Code pada tiket pengunjung. Data yang didapatakan dari hasil scanning, akan dikirimkan ke Arduino yang merupakan pengendali dari palang pintu masuk wisata. Pengunjung akan lebih mudah dalam memesan tiket wisata tanpa harus mengantri pada loket penjualan tiket masuk. Petugas akan lebih mudah dalam melakukan pengecekkan tiket masuk tanpa harus menghitung satu persatu tiket masuk pengunjung wisata. Hasil akhir yang didapatkan dari penelitian ini adalah berkurangnya antrian pada pintu masuk wisata.

References

Alamsyah. (2012). Pengaturan Lampu Lalu Lintas Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Majalah Ilmiah Mektek, 101–108.
Griha, I., & Isa, T. (2017). PERANCANGAN SISTEM PARKIR QR CODE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO BERBASIS ANDROID, 25–30.
Hidayat, M. (2011). STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA (STUDI KASUS PANTAI PANGANDARAN KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT) Marceilla Hidayat Politeknik Negeri Bandung, I(1), 33–44.
Magdalena, Greisye and Halim, Fransiscus Ati and Aribowo, A. (2013). Perancangan Sistem Akses Pintu Garasi Otomatis Menggunakan Platform Android. Prosiding Csgteis, 4(4), 301–306.
Susanto, H., Pramana, R., & Mujahidin, M. (2013). Perancangan Sistem Telemetri Wireless Untuk Mengukur Suhu Dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 Atmega328P Dan Xbee Pro. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Bambang Paripurno, Andy Haryoko, & Fitroh Amaluddin. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM PINTU MASUK WISATA BERBASIS ARDUINO DAN QR CODE. Prosiding SNasPPM, 3(1), 344–349. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/181