RANCANG BANGUN APLIKASI MANAJEMEN DATA PERIZINAN BERBASIS WEB

Authors

  • Andi Mulyanti Suhartini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Alfian Nurlifa Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Website, MySQL, Perizinan

Abstract

Perizinan lingkungan adalah salah satu tugas pelayanan yang berfungsi untuk melayani masyarakat dalam mengelola perizinan . Informasi terkait proses perizinan saat ini masih dikelola dalam bentuk file offline yaitu menggunakan Microsoft Excel. Proses penyimpanan file dokumentasi perizinan masih di simpan dalam beberapa unit komputer yang terpisah. Selain itu pemohon kurang mendapat informasi proses pengurusan izin lingkungan. Pemrograman berbasis Web adalah pemrograman berbasis jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet. MySQL merupakan sebuah bahasa relational yang berisi pernyataan yang digunakan untuk memasukkan, mengubah, menghapus, memilih dan melindungi data. Semua data dan informasi yang ada dalam ewebsite nanti akan disimpan dalam database MySQL. Dengan website, informasi, komunikasi, dan transaksi antara masyarakat dan pemerintah dilakukan melalui internet. Selain itu, seluruh data perizinan dan informasi masyarakat ada dan diatur dalam website. Mulai dari informasi cara melakukan perizinan sampai informasi tentang perizinan yang telah didaftarkan oleh pemohon. Pemohon serta masyarakat juga dapat mengirimkan kritik dan saran demi kemajuan sistem kedepannya.

References

Eka Swastikayana, I Wayan (2011), Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Pariwisata Kabupaten Gianyar, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta.
Galih Ari Wibowo, Mukhammad , 2013, Sistem Informasi Pemesanan Jasa Perizinan Mendirikan Usaha Dan Bangunan, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Dian Nuswantoro
Hermawan Asep, Pudjiantoro Tacbir Hendro, Hadiana Asep Id, 2017, Pembangunan Sistem Informasi Perizinan Bongkar Muat Barang Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Prosiding Seminar Nasional Komputer dan Informatika (SENASKI) 2017 (ISBN : 978-602-60250-1-2).
Iqbal C. R Muhammad., Husni Muchammad, Studiawan Hudan , 2012, Implementasi Klien SIP Berbasis WebMenggunakan HTML5 dan Node.js, Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Mushlihul Amin Faris, Faid Mochammad, 2015, Perizinan Dan Pelanggaran Santri Berbasis Sms Gateway Dengan Python Dan Gammu, Fakultas Saintek Uin Sunan Ampel , STT Nurul Jadid.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2013 Tentang Tata Laksana Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup Serta Penerbitan Izin Lingkungan.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2013 Tentang Tata Laksana Penilaian Dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup Serta Penerbitan Izin Lingkungan.
Purwanto Heri, Tri Bawono Cahyo, 2014 , Sistem Informasi Perizinan Tki Oleh Pptkis Pada Bp3tki, Program Studi Manajemen Informatika – Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika Bandung.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Andi Mulyanti Suhartini, Andik Adi Suryanto, & Alfian Nurlifa. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI MANAJEMEN DATA PERIZINAN BERBASIS WEB. Prosiding SNasPPM, 3(1), 341–343. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/182