APLIKASI PEWARNAAN GRAF PADA PENYUSUNAN JADWAL MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE

Authors

  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Jadwal, Mata Kuliah, Teori Graf, Algoritma Welch Powel, Bilangan Kromatik

Abstract

Dalam pekerjaan yang melibatkan banyak orang, tentunya penjadwalan kerja menjadi suatu kebutuhan yang mutlak diperlukan, Hal ini karena dengan adanya penjadwalan, sebuah perusahaan atau lembaga dapat mengalokasikan sumber daya berupa fasilitas, tenaga kerja, peralatan maupun urutan pekerjaan yang akan dilakukan. Jika tidak ada penjadwalan yang baik maka akan terjadi kekacauan dalam pekerjaan. Tidak jauh berbeda dengan yang dialami oleh beberapa Prodi yang ada di lingkungan Universitas PGRI Ronggolawe. Permasalahan yang sering muncul antara lain: ruangan yang bentrok antar Program Studi dan beberapa dosen memiliki permintaan ngajar di jam-jam tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi pada permasalahan tersebut agar tidak terjadi bentrok ruangan antar program studi dan dapat mengakomodir permintaan ngajar dosen di jam-jam tertentu. Metode matematika yang efisien untuk masalah penjadwalan mata kuliah ini adalah pewarnaan graf, karena pewarnaan graf ini dapat menghubungkan antar parameter yang akan digunakan antara lain: Dosen, mata kuliah persemester, waktu, ruang kuliah, hari efektif.

References

E. Herdiansyah and R. Cahyana, “Pengembangan Aplikasi Penyusun Jadwal Pelajaran Secara Otomatis,” J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 186–191, 2015.

H. Purwanto, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Pelatihan Karyawan Pt. Xyz,” JSI (Jurnal Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 6, no. 2, pp. 25–46, 2021.

K. Hermanto, R. Suarantalla, and S. Sahdan, “Aplikasi Program Linier Integer 0-1 Untuk Menyusun Jadwal Usulan Piket Satpol Pp,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 1, pp. 91–100, 2020.

H. A. R. Pananrangi and M. P. SH, Manajemen Pendidikan, vol. 1. Celebes Media Perkasa, 2017.

H. B. Uno, Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara, 2023.

W. Zulkarnain, Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Bumi Aksara, 2022.

D. D. Ariembi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Mata Pelajaran pada SMP Negeri 17 Makassar.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

T. Handayani, D. H. Fudholi, and S. Rani, “Kajian Algoritma Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah,” 2020.

A. R. Mile, M. R. Katili, and N. Nurwan, “Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Integer Nonlinear Programming,” Res. Math. Nat. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 12–18, 2022.

A. Wijaya and G. Gunawan, “Implementasi Algoritma Round Robin Pada Sistem Penjadwalan Mata Kuliah (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, 2018.

I. A. Ramadhani, “Pengembangan sistem informasi penjadwalan mata kuliah berbasis web di fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,” J. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 1–15, 2018.

E. Suhartono, “Optimasi penjadwalan mata kuliah dengan algoritma genetika (studi kasus di amik jtc semarang),” J. Ilm. INFOKAM, vol. 11, no. 5, 2015.

I. A. Soenandi, “Konsep algoritma genetik biner untuk optimasi perencanaan jadwal kegiatan perkuliahan,” J. Tek. dan Ilmu Komput., 2013.

E. Sufarnap and S. Sudarto, “Analisis Optimasi Penjadwalan Jaga Dokter Residen Penyakit Dalam pada Rumah Sakit Pendidikan,” J. SIFO Mikroskil, vol. 12, no. 2, pp. 97–104, 2011.

A. W. Bustan and M. R. Salim, “Penerapan Pewarnaan Graf Menggunakan Algoritma Welch Powell untuk Menentukan Jadwal Bimbingan Mahasiswa,” J. THEOREMS (The Orig. Res. Math., vol. 4, no. 1, pp. 79–86, 2019.

T. P. Gunawan, “Aplikasi Pewarnaan Graph Untuk Menyusun Jadwal,” in Prosiding Konferensi Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologi” ‐ IDeaTech 2011, 2011, pp. 24–31.

F. Daniel and P. N. L. Taneo, Teori Graf. Deepublish, 2019.

A. Widodo, Teori Graf. Universitas Brawijaya Press, 2016.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Arifin, A. . Z., & Mizan, S. (2023). APLIKASI PEWARNAAN GRAF PADA PENYUSUNAN JADWAL MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE . Prosiding SNasPPM, 8(1), 538–543. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1847