PEMANFAATAN ENDORSEMENT INFLUENCER INSTAGRAM GUNA MENINGKATKAN PEMASARAN BISNIS DI KABUPATEN TUBAN (STUDY DESKRIPTIF DI TOKO DISTRO TUBANESIA TUBAN)

Authors

  • ARIES WAHYU PRATAMA Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Niniek Widiarochmawati Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.1855

Keywords:

Endorsement;instagram ; strategi pemasaran.

Abstract

Di kabupaten Tuban banyak sekali bisnis yang ditawarkan dari yang menjual barang maupun

menawarkan jasa, jadi tak heran banyak pesaing didunia bisnis, ada yang hanya di promosikan dari mulut ke

mulut atau sering disebut offline dan ada juga promosi secara online atau melalui media sosial. Bisnis online

adalah suatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui internet, mulai negoisasi

hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan customer. Dalam bisnis online diperluikan

strategi–strategi pemasaran dengan cara mengiklankan hasil produknya di media sosial. Strategi tersebut

salah satunya yaitu dengan cara endorsement. Endorsement adalah sebuah tindakan mendukung (support)

atau setuju terhadap sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi endorsement pada Distro

Tubanesia apakah memiliki dampak yang besar atau tidak dalam pemasaran produknya. Jenis penelitian ini

adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan

digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif. Berdasarkan hasil

penelitrian dan pembahasan dapat peneliti simpulkan bahwa: Strategi pemasaran Distro Tubanesia

menggunakan dua jenis endoser yaitu jenis testimonial adalah tokoh yang berasal dari kalangan orang biasa

yang dianggap netral untuk menyampaikan keunggulan produk, dan jenis endoser accesivist adalah

penggunaan tokoh yang memiliki keunikan pada bidang tertentu. Namun dalam aktivitas endorsement pada

Distro Tubanesia owner hanya menggunakan selebgram dari Tuban ,dengan tujuan untuk meningkatkan

kinerja selebgram di Kota Tuban.

References

S. W. Ningsih, “ANALISIS

KREATIVITAS IKLAN DAN

CELEBRITY ENDORSER DALAM

MENUMBUHKAN BRAND

AWARENESS PADA PRODUK

WARDAH KOSMETIK (STUDI

MAHASISWA IAIN BENGKULU).”

UIN FAS BENGKULU, 2021.

D. R. Indika and C. Jovita, “Media

Sosial Instagram Sebagai Sarana

Promosi Untuk Meningkatkan Minat

Beli Konsumen,” J. Bisnis Terap., vol.

, no. 01, pp. 25–32, 2017, doi:

24123/jbt.v1i01.296.

N. Arifin, “Strategi Pemasaran Melalui

Media Sosial dan

Minat Beli

Mahasiswa,” J. Simbolika Vol 1, vol. 3,

p. 2, 2015.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni,

“Pemanfaatan Media Sosial Sebagai

Media Promosi,” J. Common, vol. 3, no.

, pp. 71–80, 2019, doi:

34010/common.v3i1.1950.

A. Nasution, “Strategi Pemasaran Bisnis

Kuliner Menggunakan Influencer

Melalui Media Sosial Instagram,” J.

Bisnis Corp., vol. 6, no. 1, pp. 11–18,

, doi: 10.46576/jbc.v6i1.1484.

D. A. A. Mubarok, “Pengaruh Celebrity

Endorsement Terhadap Minat Beli

Konsumen (Studi Pada Konsumen

Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE

INABA Bandung),”

J. Indones.

Membangun, vol. 3, no. 1, pp. 61–76,

P. HIKMAH, “PERAN MEDIA

SOSIAL DALAM MENGHADAPI

BELAJAR DARI RUMAH MASA

PANDEMI COVID-19 PADA SISWA

KELAS 1 SD ‘AISYIYAH 1

MATARAM TAHUN 2020/2021.”

Universitas_Muhammadiyah_Mataram,

R. Ferlitasari, “Pengaruh media sosial

instagram terhadap perilaku keagamaan

remaja (Studi pada rohis di SMA

perintis 1 bandar lampung).” UIN

Raden Intan Lampung, 2018.

A. Pérez, “No 主観的健康感を中心とし

た在宅高齢者における 健康関連指標に

関する共分散構造分析Title,”

BMC

Public Health, vol. 5, no. 1, pp. 1–8,

, [Online]. Available:

https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.p

hp/siklus/article/view/298%0Ahttp://rep

ositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0

Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.1

005%0Ahttp://www.biomedcentral.co

m/1471-

/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/

ovidweb.cgi?T=JS&P.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode

penelitian kualitatif,” Humanika, vol.

, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi:

21831/hum.v21i1.38075.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda,

O. Chotimah, and S. J. Merliyana,

“Metode Penelitian Kualitatif Studi

Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol.

, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi:

33487/edumaspul.v6i1.3394.

N. Farida, “dalam Penelitian Pendidikan

Bahasa,” 信阳师范学院, vol. 1, no. 1,

p. 305, 2008.

M. Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh.

Miftachul Choiri, Metode Penelitian

Kualitatif di Bidang Pendidikan, vol.

, no. 9. 2019.

B. Bimbingan and D. A. N. Konseling,

“Metode Penelitian Kualitatif dalam

Bidang Bimbingan dan Konseling,” J.

Fokus Konseling, vol. 2, no. 2, 2016,

[Online]. Available:

http://ejournal.stkipmpringsewulpg.ac.id/index.php/fokus/a.

R. Wijayanti, “Buku Ajar Metodelogi

Penetilitan,” Angew. Chemie Int. Ed.,

pp. 5–24, 2015.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

PRATAMA, A. W., & Widiarochmawati, N. (2023). PEMANFAATAN ENDORSEMENT INFLUENCER INSTAGRAM GUNA MENINGKATKAN PEMASARAN BISNIS DI KABUPATEN TUBAN (STUDY DESKRIPTIF DI TOKO DISTRO TUBANESIA TUBAN). Prosiding SNasPPM, 8(1), 577–584. https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.1855