APLIKASI KATALOG KACA MATA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Authors

  • Afil Lailatul Maghfiroh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Imron Rosyidi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Augmented Reality (AR), Android, Kacamata, 3D

Abstract

Katalog merupakan suatu daftar yang berisikan informasi tertentu dari benda atau barang yang didaftar. Secara lebih luas pengertian katalog adalah metode penyusunan item (berisi informasi atau keterangan tertentu) dilakukan secara sistematis baik menurut abjat maupun urutan logika yang lain. Pemasaran saat ini hanya menggunakan gambar saja, tanpa melihat barang nyatanya, sedangkan pelanggan terkadang ada yang mengeluh karena biasanya barang yang datang tidak sesuai dengan yang ada digambar. Bentuk promosi seperti itu kurang memungkinkan pelanggan untuk melihat secara detail bentuk kacamata, apalagi bila pelanggan tidak mengunjungi langsung ke toko kacamata. Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi kedalam lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Tiga dimensi biasa disingkat 3D atau disebut ruang dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality, miniatur kacamata yang bisa memberi contoh kacamata sebenarnya digantikan dengan model kacamata 3D yang ditampilkan secara virtual, dengan tujuan memudahkan pelanggan atau calon pembeli agar pelanggan dapat lebih mengerti detail tentang produk yang ditawarkan.

References

Arifudin, Yani, M., & Murtilaksono K. Jamal, susanto. 2014, Penerapan Teknologi Augmened Reality Sebagaimana Promosi Berbasis Android Pada Toko Jati Tresno.
Kencana, 2010. Aplikasi Virtual Fitting Room Menggunakan Webcam.
Hidayat, 2015. Aplikasi Mobile Android Untuk Pemasaran Perumahan Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Pada PT. Alifa Citra Mulia.
Tijono, Isnant, Martono, 2015. Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Saran Promosi Produk “Sarana Sejahtera Wilson’s Office Chairs” Berbasis Android.
Wahyutama, Samopa, dan Suryatrisongko, 2013. Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode Sbagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi Dan Harga Barang Yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus Pada Toko Elektronik ABC Surabaya.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Afil Lailatul Maghfiroh, Imron Rosyidi, & Andik Adi Suryanto. (2018). APLIKASI KATALOG KACA MATA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Prosiding SNasPPM, 3(1), 342–344. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/186