PENGEMBANGAN TRIPLE CLOCK MATERI PENGUKURAN WAKTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SARANGMEDURO

Authors

  • Laelatul Mufarokah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.1868

Abstract

                                                                                                        ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Triple Clock materi pengukuran waktu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sarangmeduro dan bagaimana tingkat  kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan dari Triple Clock. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan modifikasi model ADDIE yang memiliki 5 tahapan penelitian, yaitu (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sarangmeduro Kabupaten Rembang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi para ahli, angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media Triple Clock yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan dengan presentase dari ahli materi 100%, ahli media 91,43% dan ahli bahasa 88%. Berdasarkan lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media Triple Clock yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon guru dan siswa yang masing-masing memperoleh skor 96%. Untuk hasil post-tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 79,33%. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa Triple Clock yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Triple Clock; Materi Pengukuran Waktu; Hasil Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Kurniawan, A. (2022). Manajemen Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Kustandi, C. dan D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Vol. 3. No. 2 : 243–255.

Susilana, R. dan C. R. (2017). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Kartini, S. (2020). Mengenal Waktu dan Pengukuran. Semarang : Alprin Finishing.

Prastiwi, E. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Pengukuran Waktu Melalui Media jam Ganda pada Siswa Cerebral Palsy Kelas IV di SLB Negeri 1 Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I Made, I. N. J. dan K. P. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muthmainnah, D. (2022). Pemanfaataan dan Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Magdalena, I. (2022). Menjadi Evaluator Pembelajaran yang Baik dan Benar. Sukabumi: CV Jejak, angota IKAPI.

Malik, A. dan C. M. (2018). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hilda, Leyla, Tatta Herawat Daulae, Rosimah Lubis, G. R. (2021). Media Teknologi Geometri Molekul Berbasis Augmented Reality dan JMOL. Yogyakarta: Samudra Biru.

Widoyoko, S. E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Mufarokah, L., & Mizan, S. (2023). PENGEMBANGAN TRIPLE CLOCK MATERI PENGUKURAN WAKTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SARANGMEDURO. Prosiding SNasPPM, 8(1), 559–567. https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.1868