PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LAPISAN TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL BERBASIS ANDROID

Authors

  • Ahmad Safi’i Ma’Arif Universitas PGRI Ronggolawe
  • Asfan Muqtadir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaludin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

3D, Vuforia, Blender, augmented reality, monokotil dan dikotil

Abstract

Pada lingkungan sekolah maupun masyarakat terdapat baragam tumbuhan yang tumbuh subur di sekitar pemukiman maupun yang jauh dari pemukiman, tumbuhan dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu tumbuhan monokotil dan dikotil. Akan tetapi masih banyak pelajar, terutama pelajar setingkat SMP kelas VIII dan di atasnya yang belum mengetahui lapisan-lapisan pada tumbuhan yang sering dijumpai tersebut. Sedikitnya tingkat keingin tahuan pelajar membuat para pelajar masih banyak yang belum mengenal dan bahkan tidak mengetahui sama sekali. Augmented Reality (AR) adalah suatu yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Aplikasi ini akan memasukkan teknologi Augmented Reality kedalam lapisan tumbuhan monokotil dan dikotil sehingga aplikasi ini menjadi lebih nyata dan menarik, dengan adanya objek 3D pada lapisan tumbuhan-tumbuhannya. aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android. Sebelum membuat objek 3D seharusnya mendaftarkan marker ke Vuforia agar 3D bisa tracking kemudian tampil, kemudian setelah terdaftar di Vuforia dan sudah membuat objek 3D di Blender maka objek 3D akan tampil di atas marker. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan meningkatkan minat pelajar SMP kelas VIII keatas terhadap mata pelajaran Biologi, khususnya materi lapisan tumbuhan.

References

Abdy, R, S. (2018). Inilah macam-macam versi android dari yang pertama. (http/www. Indoworx.com/versi-android/amp/). Di akses pada 1 september 2018.
Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada media pembelajaran sistem pencernaan berbasis Android. Jurnal Teknik Kompuetr Amik BSI. 2(1). 122-131.
Anharku. (v_maker@yahoo.com). (2009). Flowchart. Komunitas elearning Ilmukomputer.org.
Faiztyan, I. F., Isnanto, R. R., & Widianto, D. E. (2015). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah
Menggunakan Unity3D. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. 3(2). 207-212.
Nuryanto, A. _. Materi Media Pembelajaran. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Rachmawati, F., Urifah, N., & Wijayanti, A. (2009). Biologi untuk SMA/MA kelas XI Program Ipa. Jakarta: Ricardo.
Sudjadi, B & Laila, S. (2007). Biologi 1. Jakarta Timur: Yudhistira.
Suryasari, Callista, A & Sari, J. (2012). Rancangan Aplikasi Customer Service
Pada PT. Lancar Makmur Bersama. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2). 468-476.
Waeo, V., Lumenta, A. S.M., & Sugiarso, B. A. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to Pose. E-journal Teknik Informatika. 9(1). 1-8.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Ahmad Safi’i Ma’Arif, Asfan Muqtadir, & Fitroh Amaludin. (2018). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LAPISAN TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL BERBASIS ANDROID. Prosiding SNasPPM, 3(1), 337–341. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/187