DEIKSIS PERSONA DAN TEMPAT DALAM NOVELSEPERTIGA MALAM DI MANHATTAN KARYA ARUMI E

Authors

  • Khikmatul Uyun Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sarujin Sarujin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Novel, bahasa

Abstract

Absrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan bentuk deiksis persona dalam novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E. (2) Mendeskripsikan penggunaan bentuk deiksis tempat/ruang dalam novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah dialog yang mengandung deiksis dalam novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E. Sumber data penelitian yakni novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, teknik catat, teknik riset pustaka, dan teknik korpus data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk penggunaan deiksis persona dan deiksis tempat/ruang dalam novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E, ditemukan jenis (1) deiksis persona yang terdiri atas; (a) deiksis persona pertama tunggal yaitu aku, -ku, ku-, saya, (b) deiksis persona pertama jamak yaitu kita, kami, (c) deiksis persona kedua tunggal yaitu kamu, -mu, anda, (d) deiksis persona kedua jamak yaitu kalian, (e) deiksis persona ketiga tunggal yaitu dia, -nya, beliau, (f) deiksis persona ketiga jamak yaitu mereka, dan (2) deiksis tempat/ruang yang terdiri atas; (a) deiksis ruang lokatif yaitu di sana, di sini, ke sana, ke sini, ke sana, dari sini, (b) deiksis ruang demonstratif yaitu ini, itu. Penggunaan deiksis yang paling sering ditemukan adalah penggunaan deiksis persona pertama tunggal.

 

Kata Kunci: pragmatik; deiksis; novel

References

L. Rahmawati, “Deiksis dalam Novel Menuju Baik itu Baik Karya Panji Ramdani”, Prosiding Seminar Literasi V Literasi generasi layar sentuh, Universitas PGRI Semarang, 2020.

S. W. Sapiun, “Penggunaan Deiksis Ruang dan Deiksis Waktu dalam Novel Sunset Bersama Rosie Karya Tere Liye,” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017.

H. Fatimah, Mayong, Idawati, “Deiksis dalam Novel Minoel Karya Ken Terate (Suatu Kajian Pragmatik)”, Universitas Negeri Makasar, 2022.

R. R. Mustika, “Deiksis dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA,” UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

P. B. Bastian, “Deiksis dalam Novel Cinta Brontosaurus Karya Raditya Dika (Kajian Pragmatik),” Universitas Borneo Tarakan, 2022)

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Uyun, K., & Sarujin, S. (2023). DEIKSIS PERSONA DAN TEMPAT DALAM NOVELSEPERTIGA MALAM DI MANHATTAN KARYA ARUMI E. Prosiding SNasPPM, 8(1), 523–530. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1871