PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA SIKLUS HIDROLOGI (DASI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK SISWA KELAS V DI SD

Authors

  • ika navira_afni_oktafarera Universitas PGRI Ronggolawe
  • wendri wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

diorama

Abstract

ABSTRAK

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangan media diorama siklus hidrologi (DASI) untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media diorama siklus hidrologi (DASI) berbasis pendidikan karakter pada materi siklus air untuk siswa kkelas V di SD. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implement, (5) Evaluate. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, lembar angket respon siswa dan guru, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data observasi, data wawancara, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Hasil  dari penelitian menunjukkan media diorama siklus hidrologi (DASI) yang dikembangkan dalam kriteria valid, ditinjau dari rata-rata kevalidan dari ahli media sebesar 98,75%, ahli bahasa sebesar 96%, dan ahli materi sebesar 94%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga produk yang telah dibuat dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media diorama siklus hidrologi (DASI) yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan perolehan data presentase angket respon guru 88% dan angket respon siswa 84%. Hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil 90% dengan 18 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 2 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi angket respon guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa media diorama siklus hidrologi (DASI) yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan.

 

Kata Kunci: diorama; pendidikan karakter; siklus hidrologi 

References

A. Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA SD Materi Siklus Air Berbasis Metode Montessori,” Skripsi. Univ. Sanata Dharma, 2017.

W. MARDHATILLA, “PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 03 AIR NAPAL BENGKULU UTARA.” UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2018.

I. W. E. Santika, “Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (1), 8–19.” 2020.

A. I. V. Putri, D. Kuswandi, and S. Susilaningsih, “Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 377–387, 2020.

I. K. D. Putra and N. W. Suniasih, “Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar,” J. Imiah Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 238–246, 2021.

E. Malleus and E. Kikas, “Student knowledge about the water cycle and its change in different interest groups,” J. Educ. Dev., vol. 3, no. 1, p. 37, 2019.

D. K. Mashuri, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 8, no. 5, pp. 893–903, 2020.

H. B. Saputro and S. Soeharto, “Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD,” J. Prima Edukasia, vol. 3, no. 1, pp. 61–72, 2015.

I. E. Aris and F. Afina, “Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ipa Materi Siklus Air Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Kebanyakan Kota Serang,” J. Pelita Calistung, vol. 3, no. 01, pp. 1–14, 2022.

S. Suherman, A. Rahmani, and A. Alpiani, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR,” J. Pendidik. Dasar Setiabudhi, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2022.

S. Rahmatunnisa, I. Mujtaba, A. N. Arifin, N. A. Rosidah, and R. T. Fauzan, “Pengembangan Media Diorama Aquaca (Aqurarium Cuaca) untuk Pemahaman Konsep IPA Materi Proses Terjadinya Hujan Siswa Kelas III SDN Margahayu XIX,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2022.

R. ISNAENI, “PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS III DI MI MA’ARIF NU PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN”.

H. Gunawan, Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi, vol. 1, no. 1. CV. Alfabeta, 2022.

I. G. N. Santika, I. W. Suastra, and I. B. P. Arnyana, “Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa,” J. Educ. Dev., vol. 10, no. 1, pp. 207–212, 2022.

R. Anggraeni and F. Istianah, “Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Daur Air Siswa Di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 3, p. 254433, 2017.

H. Qori’Maulani, “PENGEMBANGAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KALANGAN MI”.

I. Putra, “PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA MATERI SIKLUS AIR PADA MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 BITERA TAHUN AJARAN 2020/2021.” Universitas Pendidikan Ganesha, 2021.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

navira_afni_oktafarera, ika, & wiratsiwi, wendri. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA SIKLUS HIDROLOGI (DASI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK SISWA KELAS V DI SD. Prosiding SNasPPM, 8(1), 504–511. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1889