PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SLOW LEARNER KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diah Ayu Oktavia Risanah UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Ina agustin UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Keywords:

Slow Learner

Abstract

ABSTRAK

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan kefektifan pada mata pelajaran Matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 Tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian yaitu Kelas V yang berjumlah satu siswa Slow Leraner di SDN Ngino II. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media, materi, dan bahasa, respon angket guru dan siswa, serta lembar tes soal untuk siswa. Teknik Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif sangat valid dengan presentase ahli materi sebesar 94,28%, ahli media sebesar 91.42%, ahli Bahasa sebesar 92%. Hasil angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa multimedia interaktif ini sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan memperoleh presentase angket respon guru sebesar 91,11% dan angket respon siswa sebesar 90,0%. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain 0,5 yang menunjukkan tingkat efektivitas sedang. Data yang dihasilkan dari lembar validasi ahli materi, media, dan Bahasa, lembar angket respon guru dan siswa serta lembar tes siswa menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan

References

Dwiranata, D., Pramita, D., Matematika, P., & Muhammadiyah Mataram, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA (Vol. 3, Issue 1).

Wahyuningtyas, I. A., Arianto, F., & Pd, M. (2020). PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF OPERASI HITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER KELAS 3 DI SDN KETINTANG 2 SURABAYA

Pramitasari, K., Usodo, B., Subanti, S., Magister, P., Matematika, P., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2015). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SLOW LEARNER DI KELAS INKLUSI SMP NEGERI 7 KLATEN KELAS VIII. 3(7), 777–786. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Krisna Indah Marheni, A. (2017). PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA Art therapy bagi anak slow learner. In Hotel Grasia.

Fida Rahmantika Hadi. (2016). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK SLOW LEARNERS (LAMBAN BELAJAR) Fida Rahmantika Hadi fidarahmantika88@ikippgrimadiun FIP IKIP PGRI MADIUN.

Husein, S., & Herayanti, L. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR: Vol. I (Issue 3).

Maulana Muhammad Razif, R., Sujud Purnawan Jati, S., & Khoirul Yaskhudi, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran peta digital berbasis thinglink materi sejarah Kerajaan Islam Sumatra di SMAN 2 Malang. 2(4).

Hasibuan, N. (2016). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In Jurnal Darul ’Ilmi (Vol. 04, Issue 01).

NUR RAHMAH. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. https://scholar.google.com/citations?user=Xv1NNHEAAAAJ&hl=id&oi=sra

Aprianty, D., & Ketang Wiyono, S. (2021). Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Volume. 30(1).

Muhammad Istiqlal. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF.

Mustika Ilmiani, A., Fuadi Rahman, N., & Rahmah, Y. (2020). Al-Ta’rib MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1).

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Arina, D., Sri Mujiwati, E., Kurnia, I., Achmad Dahlan No, J. K., & Kota Kediri, M. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEBELAJARAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development.

Hidayat SMP Negeri, F., Jl Cihanjuang No, P., Rahayu, C., Parongpong, K., Bandung Barat, K., Nizar SMAN, M., Jl Ir Juanda Jl Dago Pojok, B. H., Coblong, K., Bandung, K., & Barat, J. (2021). MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) MODEL IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING.

Alfiati, R., Agustin, I., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & PGRI Ronggolawe, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL KATA (FLANKAT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DISLEKSIA DI SDN TAMBAKBOYO II. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat http://prosiding.unirow

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Risanah, D. A. O., & agustin, I. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SLOW LEARNER KELAS V SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 8(1), 485–493. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1893