PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME GABUNGAN BANGUN RUANG KELAS 5 SDN JETAK II
Keywords:
media, video interaktif, volume gabungan bangun ruangAbstract
Media pembelajaran video interaktif volume gabungan bangun ruang merupakan video pembelajaran yang berisikan rangkuman materi pembelajaran volume gabungan bangun ruang. Dengan semakin berkembangnya alat tekhnologi dalam dunia pendidikan, serta tersedianya fasilitas pendukung berbasis tekhnologi di Sekolah Dasar, peneliti mengembangkan media video interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media video interaktif volume gabungan bangun ruang dan bagaimana kelayakan video interaktif dalam penggunaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Dick and carry dengan istilah ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (analisis) , Design (desain) , Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen penelit ian yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, praktisi pendidikan, lembar respon serta lembar tes siswa. Video interaktif yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh para validator yang merupakan ahli dibidangnya masing-masing. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh presentase 92,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh presentase 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase 88% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi praktisi pendidikan memperoleh presentase 90% dengan kriteria sangat praktis. Hasil respon siswa memperoleh presentase 83,2% dengan kriteria sangat menarik. Hasil tes siswa memperoleh pesentase 82,5% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media video interaktif materi volume gabungan bangun ruang yang dikembangkan sangat layak, praktis, efektif serta menarik sebagai media video pembelajaran kelas 5 SDN Jetak II Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.
References
Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R,. 2021. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638.
Alyusfitri, R., Aziz, I., Amdia, D., Doktor, P., Pendidikan, I., Sarjana, P., Padang, U. N., Guru, P., Dasar, S., & Hatta, U. B,. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1281–1296.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Trian, P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd. 10, 49–56.
Arikunto, Suharsimi (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Khuluqo, I. El. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Purnama, S. J., & Pramudiani, P,. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A,. 2016. Pengaruh pembelajaran berbatuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.
Putra, I. N. T. A., & Kartini, K. S. 2020. Implementation of Mobile-Based Interactive Learning Media Case Study . Class XI Hydrocarbons Material. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52.
Rofilah, S., & Tsurayya, A,. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Materi Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2438–2451.
Sezer, B., Yilmaz, F. G. K., & Yilmaz, R.,(2013), Integrating Technology Into Classroom: The Learner-Centered Instructional Design, International Journal on New Trends in Educationand Their Implications, 4(4), 134 - 142.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sundayana, R,. 2016. Media Dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih., 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafonao, T,. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Wardani, R. K., & Syofyan, H,. 2018. Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371.