PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Authors

  • Nurul Agustin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Allan Firman Jaya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Video pembelajaran, konsep dasar IPS

Abstract

Pelitian ini merupakan penelitian pengembangan menghasilkan sebuah produk yang berangkat dari fenomena-fenomena sosial yang berada dikehhidupan sehari-hari, untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar IPS . Metode yang digunakan yakni metode pengembangan yang mengikuti tahapan-tahapan dari model ADDIE yakni analyze, design, develop, implement, evaluation. Video di uji cobakan 3 kali yakni uji coba materi atau naskah, sinopsis video, uji coba kesesuaian dan uji coba teknik penyajian medianya. Hasil uji coba materi menunjukkan fenomena atau peristiwa yang ada layak untuk dikonstruksikan dalam sebuah video dengan kriteria penilaian rata-rata baik. Hasil responden menunjukkan bahwa media sudah sesuai dengan sasaran dengan kriteria penilaian rata-rata baik. Hasil uji media menunjukkan bahwa video dikategorikan baik.

References

Anderson, dkk ( 2001). A Taxonomy for Learning and Teaching and Assesing. New York : Pre Press Company Inc
Arsyad, Azhar (2011). Media pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Branch, Robert Maribe (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach, Newyork, Springer.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud. (1984). Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V. Jakarta : Depdikbud
Gunawan, I., Palupi A. R, Taksonomi Bloom- Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Jurnal. Madiun:IKIP PGRI Madiun
Gustafson., dkk (1997) Survey of Instructional Development Models.Washington DC : Eric Publications
Heinich, R., dkk (2002) Instructional Media and Technology for Larning. The United State of America : Conruer Kendell Ville.
Mundir (2013). Statistik Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mustaji, (2013). Media Pembelajaran, Surabaya: Unesa Press.
Republik Indonesia. 2012. Undang-undang no 12 Tahun 2012. Jakarta : Dikti
Riyanto, Y. (2007) Metodologi Penelitian Pendidikan :Kualitatif dan kuantitatif.Surabaya : UNESA University Press
Sadiman, A.S., Raharjo,R., Haryono, A., danRahardjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa
Senen, Anwar. (2003). Diktat Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Sudjana, N. (2005) Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung
Sugiono, (2010) Metode penelitian pendidikan.Bandung :CVAlfabeta
Sugiono, (2012) Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Sugiono (2013)Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung :Alfabeta.
Suhanadji dan Waspodo Tjipto Subroto.2003. Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Cendekia
Suwarna dkk (2013) Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu DalamTeori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka
www.file.upi.edu/JUR_PEND_SEJARAH/196110141986011-NANA_SUPRIATNA/MATTRI-KONSEP-DASAR-IPS.pdf (diakses 5 Juni 2017)
www.staf.uny.ac/sites/files/pendidikan/sekar-purbarini-kawuryan-sip-mpd/bahan-ajar-konsep-dasar-ips.pdf (diakses 5 Juni 2017)

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Nurul Agustin, & Allan Firman Jaya. (2018). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. Prosiding SNasPPM, 3(1), 308–312. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/193