PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK KANAK

Authors

  • Muhammad Lukman Haris Firmansah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Himmatul Farihah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Multimedia, mengenal bilangan, anak

Abstract

Sebagian besar anak masih merasa bingung dan kesulitan dalam membilang banyak benda yang telah di tentukan pendidik. Hal ini disebabkan oleh pendidik yang memberi petunjuk langsung kepada anak dengan pemberian tugas yang berupa LKA membuat anak kurang mampu dalam memproses, mengingat dan memahami kembali informasi yang telah diberikan. Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan membilang belum optimal. Penggunaan multimedia berbasis flash player ditujukan sebagai reinforcementatau penguatan untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajarannya yaitu mengenal konsep bilangan. Berdasarkan analisis data menggunakan uji pihak kiri menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest sebesar 84 > nilai rata-rata pretes sebesar 65, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan anak setelah menggunakan multimedia berbasis flash player

References

Anderson, dkk ( 2001). A Taxonomy for Learning and Teaching and Assesing. New York : Pre Press Company Inc
Arsyad, Azhar (2011). Media pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Asyhar, R. (2012). KreatifMengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta :Referensijakarta
Fenrich, P., dkk (1997) Instructional Multimedia Aplication. The United State of America : Hardcourt Brace College Publishers.
Gustafson., dkk (1997) Survey of Instructional Development Models.Washington DC : Eric Publications
Heinich, R., dkk (2002) Instructional Media and Technology for Larning. The United State of America : Conruer Kendell Ville.
Izzaty R. E, dkk (2008) . Perkembangan Anak. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Mustaji, (2013). Media Pembelajaran, Surabaya: Unesa Press.
Sutirna. (2013) Perkembangan dan Pertumbuhan Anak. Yogyakarta : CV Andi Offset
Sudjana, N. (2005) Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung
Suyanto S (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Yogyakarta : Hikayat Publishing
Suyawan, I., dkk (2013) Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta : Dirjen Dikmen
Schunk D H (2012) Learning Theories an educational perpective.United State of America : Pearson Education.Inc

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Firmansah, M. L. H., & Himmatul Farihah. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK KANAK. Prosiding SNasPPM, 3(1), 301–307. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/194