ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN SIMULASI PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. R. KOESMA KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Anif Khoerul Mustofa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Teori Antrian, sistem antrian, pasien rawat jalan RSUD dr. R. Koesma, pelayanan administrasi

Abstract

RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban merupakan rumah sakit kelas B, sehingga RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban merupakan rumah sakit rujukan bagi rumah sakit swasta maupun pemerintah di Tuban dan sekitarnya yang masih tergolong kelas bawah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh RSUD dr. R. Koesma Kabupaten Tuban  adalah menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu. Kepuasan pasien menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Seiring berjalannya waktu RSUD. dr. R. Koesma Kabupaten Tuban mengalami peningkatan pasien yang mengakibatkan antrian panjang sehingga pelayan kurang optimal. RSUD. dr. R. Koesma Kabupaten Tuban menggolongkan pasien menjadi 3 golongan, yaitu pasien umum, pasien BPJS Kesehatan, dan pasien lansia atau pasien dengan jaminan kesehatan lain. Ketiga golongan tersebut mengantri secara bersama pada loket pendaftaran yang telah disediakan  RSUD. dr. R. Koesma Kabupaten Tuban  menyediakan 12 loket antrian, namun dari 12 loket atau server yang tersedia tidak semuanya dimanfaatkan oleh RSUD. dr. R. Koesma Kabupaten Tuban, setidaknya ada 2 server antrian yang di biarkan kosong atau di tutup di setiap harinya. Untuk memaksimalkan hal tersebut maka dilakukan penghitungan dengan hasil simulasi dan 2 server yang kosong tersebut dapat di tambahkan pada pasien umum dan pasien BPJS masing-masing 1 dengan landasan penghitungan simulasi model antrian [M/M/s]:[GD/∞/∞] sehingga didapatkan hasil untuk pasien umum dengan server 4 adalah , , , , dan , dan pasien BPJS Kesehatan dengan server 6 adalah , , , , dan .

References

S. D. Sari, “Motivasi Perawat Terhadap Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit,” 2019.

L. Rosyanti and I. Hadi, “Dampak psikologis dalam memberikan perawatan dan layanan kesehatan pasien COVID-19 pada tenaga profesional kesehatan,” Heal. Inf. J. Penelit., vol. 12, no. 1, pp. 107–130, 2020.

Sepsiani and Wigati, “Gambaran Sistem Antrian Pasien Dalam Optimasi Pelayanan Di Loket Pendaftaran Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati,” J. Kesehat. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 1–14, 2017.

S. Dewanto and A. Santosa, “Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit,” Ina. J. Ind. Qual. Eng., vol. 8, no. 1, pp. 25–36, 2020.

E. Fitri, “Simulasi Antrian Dan Implementasinya.” Skripsi, Jurusan MIPA Medan: Universitas Sumatera Utara, 2009.

R. Mariani, “Analisis Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) pada Pelayanan Pendaftaran di Puskesmas Srondol Kota Semarang Tahun 2010.” Diponegoro University, 2009.

M. A. M. Ferreira, M. Andrade, J. A. Filipe, and M. P. Coelho, “Statistical queuing theory with some applications,” 2011.

H. A. Taha, “Riset Operasi: suatu pengantar, jilid 1,” 1996.

F. Farkhan, P. Hendikawati, and R. Arifudin, “Aplikasi teori antrian dan simulasi pada pelayanan teller bank,” Unnes J. Math., vol. 2, no. 1, 2013.

S. Aminah, M. Aritonang, and E. Sulistianingsih, “Analisis Antrian Multi Channel Multi Phase Pada Antrian Pembuatan Surat Izin Mengemudi Dengan Model Antrian (M/M/c):(GD/∞/∞),” Bimaster Bul. Ilm. Mat. Stat. dan Ter., vol. 4, no. 2, 2015.

N. Wahyuningsih, “Analisis Lost Patient di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Jaya Tahun 2008,” Depok: FKMUI, 2009.

D. Fuansari, “Analisis Alur Pelayanan dan Antrian di Loket Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Semarang.” Diponegoro University, 2013.

R. Puji, “Analisis Sistem Antrian Seri Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Optimalisasinya (Studi Kasus di Puskesmas Ungaran Kabupaten Semarang).” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2015.

R. Subekti and N. Binatari, “Modul Praktikum Teori Antrian,” pp. 3–26, 2019.

T. Tarliah and A. Dimyati, “Operations Research, Model-Model Pengambilan Keputusan,” Cetakan Ke Delapan. Penerbit Sinar Baru Algesindo Bandung, 2006.

P. R. Arum, S. Sugito, and Y. Wilandari, “Analisis Sistem Antrian Pelayanan Nasabah Bank X Kantor Wilayah Semarang,” J. Gaussian, vol. 3, no. 4, pp. 791–800, 2014.

B. J. Sinurat, “Model Pembelajaran Simulasi,” Di akses dari Acad. ed. pada, vol. 3, 2019.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Mustofa, A. K., Kurniawati, E. F., & Oktafianto, K. (2023). ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN SIMULASI PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. R. KOESMA KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 8(1), 449–458. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1946