EFEK SENAM HAMIL TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TIRON

Authors

  • Widya Kusumawati Akbid Dharma Husada Kediri
  • Yunda Dwi Jayanti Akbid Dharma Husada Kediri

Keywords:

Senam hamil, Nyeri Punggung, Ibu Hamil

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek senam hamil terhadap nyeri punggung pada kehamilan. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Puskesmas Tiron pada bulan April - Juli 2018. Sampel penelitian sebanyak 30 responden kelompok senam dan 30 responden kelompok kontrol dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data nyeri punggung pada kehamilan diperoleh melalui instrumen kuesioner (Wong Baker Faces Pain Scale). Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Man-Whitney U Test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden kelompok senam, terdapat 20 responden (66,66%) mengalami nyeri punggung ringan, sedangkan pada kelompok kontrol (tanpa senam) terdapat 2 responden (6,67%) mengalami nyeri punggung berat. Hasil analisa diperoleh nilai p = 0,543, yang artinya tidak ada efek yang signifikan senam hamil terhadap nyeri punggung pada kehamilan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan oleh tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan dan konseling kehamilan tentang aktivitas fisik yang efektif untuk membantu mengurangi keluhan nyeri punggung pada kehamilan.

References

Kartikasari, R. I. & Nuryanti Aprilliya. 2016. Pengaruh Endorphine Massage Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Punggung Ibu Hamil. Rakernas AIPKEMA.
Alloya, Ardiana. 2016. Beda Pengaruh Antara Senam Hamil Dengan Kompres Hangat dan Massage Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester III. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Inding, Ilmiati. 2016. Pengaruh Senam Hamil Terhadap Perubahan Derajat Nyeri Pada Ibu Hamil Yang Menderita Nyeri Punggung Bawah (NPB). Makasar : Universitas Hasanudin.
Huldani. 2012. Nyeri Punggung. Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat.
Teuvo Sihvonen, Marjatta Huttunen, Maija Makkonen, Olavi Airaksinen. 1998. Functional Changes in Back Muscle Activity Correlate With Pain Intensity and Prediction of Low Back Pain During Pregnancy. Arch Phys Med Rehabil. Vol 79 : 1210-1212.
Faizatul Ummah. 2012. Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Ditinjau Dari Body Mekanik Dan Paritas Di Desa Ketanen Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Surya. Vol. 03, No. XIII : 32-38.
Abdulla, A. (2004). Exercise and Pregnancy. Middle East Journal, 2(2), 1–7.
Wagey, F. W. (2011). Senam hamil meningkatkan antioksidan enzimatik, kekuatan otot panggul, kualitas jasmani, dan menurunkan kerusakan oksidatif pada wanita hamil. Desertation. Retrieved from Unpublished.
US. Department of Health and Human Service. (2008). 2008 Physical Activity Guidlines for Americans. Be Active, Healthy and Happy.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Widya Kusumawati, & Yunda Dwi Jayanti. (2018). EFEK SENAM HAMIL TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TIRON. Prosiding SNasPPM, 3(1), 266–269. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/200