Hubungan Hasil Tangkapan Ikan Layang (Decapterus Macarellus) Menggunakan Purse Seine dan Kondisi Oseanografi Di Perairan Merauke

Authors

  • chasanah nur Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • marita ika joesidawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Pengaruh Suhu Permukaan Laut (SPL) dan Klorofil-a Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Layang (Decapterus macrosoma) di Perairan Arafura Merauke

 

Nur Uswatun Chasanah1,,Marita Ika Joesidawati2*

1,2 Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Ronggolawe

1 Email: nuruswatunchasanah230@gmail.com

2* Email: maritajoes@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Ikan layang (Decapterus macrosoma) merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang banyak di tangkap di perairan Arafura Merauke. Hasil tangkapan disebabkan oleh perubahan kondisi lingkungan yang mempengaruhi kelimpahan sumber     makanan ikan layang. Sebaran suhu permukaan laut (SPL) dan konsentrasi klorofil-a dapat dijadikan sebagai indikator untuk kesuburan suatu perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran SPL dan klorofil-a serta mengetahui pengaruh SPL dan klorofil-a terhadap hasil tangkapan ikan layang di lokasi penelitian. Data SPL dan klorofil yang digunakan merupakan data  Citra Aqua MODIS Klorofil-a harian Level 3 dengan resolusi spasial 4 x 4 km referensi NASA, ftp.nasa.jplbla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata SPL di perairan Arafura Merauke pada bulan Maret adalah 29°C dan konsentrasi klorofil-a memiliki rata-rata sebesar 0.45mg/m3.  Nilai sebaran SPL yang didapatkan menunjukkan bahawa titik koordinat yang dilalui oleh kapal DPP 4 dan DPP 9 memiliki nilai  SPL yang tinggi, sedangkan titik koordinat  yang dilalui Kapal DPP 2 memiliki rata rata yang rendah. konsentrasi klorofil-a tertinggi pada titik koordinat yang dilalui kapal DPP 2 yaitu 1.56mg/m3, sedangkan klorofil terendah kapal DPP 9 yaitu 0.14 mg/m3. Berdasarkan analisis regresi linier berganda didapat nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,284672. Nilai ini menunjukkan bahwa SPL dan klorofil-a memiliki pengaruh positif terhadap hasil tangkapan ikan layang di Perairan Arafura Merauke, yakni sebesar 25,47%.

 

Kata Kunci: Ikan Layang, Klorofil-a, Perairan Arafura, Merauke, Suhu Permukaan Laut

References

Agung, A., Zainuri, M., Wirasatriya, A., Maslukah, L., Subardjo, P., Suryosaputro, A. A. D., dan Handoyo, G. "Analisis Sebaran Klorofil-A dan Suhu Permukaan Laut sebagai Fishing Ground Potensial (Ikan Pelagis Kecil) di Perairan Kendal, Jawa Tengah. Buletin Oseanografi Marina, 7(2): 67-74.

Almohdar, E., dan Souisa, F. N. J. 2017. Komposisi Jenis dan Tingkat Trofik (Trophic Level) Hasil Tangkapan Bagan di Perairan Desa Ohoililir, Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 1(2): 171.

Aditya, R., Wirasatriya, A., Kunarso, Maslukah, L., Subardjo, P., Suryosaputro, A. A. D., dan Handoyo, G. Identifikasi Fishing Ground Ikan Teri (Stolephorus sp) Menggunakan Citra Modis di Perairan Karimunjawa, Jepara. Buletin Oseanografi Marina, 7(2): 103-112.

Kurnianingsih, T.N., Sasmito, B., Prasetyo, Y., dan Wirasatriya, A. 2017. Analisis Sebaran Suhu Permukaan Laut, Klorofil-A, dan Angin Terhadap Fenomena Upwelling di Perairan Pulau Buru dan Seram. Jurnal Geodesi UNDIP, 6(1): 240.

Laitupa, F. S., Kacoa, S., Laitupa, M. A., dan Tangke, U. 2015. Pendugaan Daerah Potensial Penangkapan Ikan Layang (Decapterus sp) Berdasarkan SPL dan Klorofil-a di Perairan Pesisir Pulau Ternate. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, 8(2): 28-29.

Padilah, T. N. dan Adam, R. I. 2019. Analisis Regresi Linier Berganda dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi di Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika FIBONACCI, 5(2): 118.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

nur, chasanah, & ika joesidawati, marita. (2023). Hubungan Hasil Tangkapan Ikan Layang (Decapterus Macarellus) Menggunakan Purse Seine dan Kondisi Oseanografi Di Perairan Merauke. Prosiding SNasPPM, 8(1), 403–410. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2007