PENGEMBANGAN MEDIA GAMES COUPLE CARD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI GOTONG ROYONG UNTUK SISWA KELAS IV SD

Authors

  • AVIATUS SHO'IDAH Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Games Couple Card, pendidikan karakter, gotong royong.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk pengembangan media Games Couple Card berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn materi gotong royong pada siswa kelas IV SD serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media Games Couple Card. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analyze (analisis), design (perencanan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Teknik analisisdata yang digunakan adalah data hasil observasi, data hasil wawancara, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil dari media Games Couple Card berbasis pendidikan karakter yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid digunakan dengan presentase dari ahli materi 99%, ahli media 93%, dan ahli bahasa tahap satu 92% sedangkan tahap dua 97%, serta telah melakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan dilapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa Games Couple Card berbasis pendidikan karakter memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 92% dan angket respon siswa 84%. Hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil sebesar 90% terdapat 20 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 2 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media Games Couple Card yang dikembangkan layak/valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

 

Kata kunci : Games Couple Card, pendidikan karakter, gotong royong.

References

Inayati, Ummi. "Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI." ICIE: International Conference on Islamic Education, (2022).

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, (2021).

Widayati, S. Gotong Royong. Alprin. (2020).

Karosekali, E. Analisis media dan sumber belajar dalam pembelajaran Pkn untuk tingkat Sd. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, (2021).

Silalahi, D. E. Media Dalam Pembelajaran Sebagai Instrumen. Media Pembelajaran, (2021).

Anasi, P. T. Ciri-Ciri, Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, (2015).

DEA, O. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Question Card Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). (2022).

Mubarok, N. N. Pengembangan Media Couple Card Untuk Memperbaiki Miskonsepsi Dalam Ipa Pada Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, (2023).

Unesa, A. A. A. Pengembangan Couple Card Sebagai Media Pembelajaran Materi Energi Dan Perubahannya Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, (2023).

Trisiana, A. Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, (2020).

Chrusita, B. Pengembangan Media Big Book Dalam Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di Kelas I SD Negeri 1 Gondangkulon Nganjuk (Doctoral dissertation, IAIN Kediri). (2022).

Wiratsiwi, W., & Naimah, S. M. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI KECEPATAN DAN DEBIT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 5(2), 606-612.

Nurmala, A. I., & Wiratsiwi, W. (2022). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN APLIKASI WEB PIXTON UNTUK SISWA KELAS VI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 269-273.

Nurmala, A. I., & Wiratsiwi, W. (2022). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN APLIKASI WEB PIXTON UNTUK SISWA KELAS VI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 269-273.

Candra, Niko I., & Wiratsiwi W. (2022). Pengembangan Media Game Card Mysteri Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

SHO'IDAH, A., & Wiratsiwi, W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA GAMES COUPLE CARD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI GOTONG ROYONG UNTUK SISWA KELAS IV SD . Prosiding SNasPPM, 8(1), 396–402. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2023