JENIS TUMBUHAN PIONEER YANG DITEMUKAN DI LAHAN BEKAS TAMBANG KAPUR DESA BANJARAGUNG KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Riska Andriani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Hesti Kurniahu Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sriwulan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Tumbuhan pioneer, bekas tambang kapur

Abstract

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi tambang kapur cukup besar di Indonesia. Kegiatan penambangan kapur menyebabkan terbukanya lahan secara luas yang ditandai dengan hilangnya vegetasi. Lahan bekas tambang yang sudah tidak produktif biasanya dibiarkan terbengkalai selama bertahun-tahun. Namun, secara alami lingkungan memiliki kemampuan untuk melakukan pemulihan diri. Lahan bekas tambang kapur semakin lama mengalami suksesi, dimana perlahan-lahan akan ditumbuhi tanaman pionir yang toleran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi jenis tanaman pionir di lahan bekas tambang kapur di Desa Banjaragung Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini diambil pada 10 plot di lahan bekas tambang kapur secara Purpossive random sampling. Pada penelitian ini diperoleh 18 jenis tanaman pionir yang tumbuh di lahan bekas tambang kapur dengan kerapatan relatif tertinggi adalah Tridax procumbens sebesar 28,15% dan kerapatan relatif terendah adalah Euphorbia hirta dan Taraxacum mongolicum sebesar 0,29%. Sedangkan frekuensi relatif tertinggi adalah Waltheria indica sebesar 17,39%. INP tertinggi adalah Tridax procumbens sebesar 41,20%.

References

Afrianto, Whisnu Febry., Agus Hikmat., dan Didik Widyatmoko. 2016. Komunitas Floristik dan Suksesi Vegetasi Setelah Erupsi 2010 di Gunung Merapi Jawa Tengah. Jurnal Biologi Indonesia. Vol. 12 (2)
Anaputra, Deddy., Miswan., dan Ramadhanil Pitopang. 2015. Komposisi Jenis Tumbuhan Herba di Areal Kampus Universitas Tadukulo Palu. Biocelebes. Vol. 9 (2).
Anonim. 2016. Tanah Masam dan Basa. (Online),(https://datenpdf.com/download/tanah-masam-dan-basa_pdf, diakses tanggal 31 Agustus 2018).
Edward, Edmond dan Rasoel Hamidy. 2011. Komposisi dan Struktur Permudaan Pohon Pionir Berdasarkan Jenis Tanah di Kabupaten Siak. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 5 No. 2
Fern, Ken. 2018. Waltheria indica. (Online), (http: http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Waltheria+indica, diakses tanggal 31 Agustus 2018).
Gunawan, Hendra. 2015. Suksesi Sekunder Hutan Terganggu Bekas Perambahan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat. Prossemnas Masyarakat Biodiversitas Indonesia. Vol 1. No. 7
Hutasuhut, M. A. 2011. Studi Tumbuhan Herba di Hutan Sibayak I. [Tesis]. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Isnaniarti, U. Nur., Wiwik Ekyastuti,dan Hanna Artuti Ekamawanti. 2017. Suksesi Vegetasi pada lahan Bekas Penambangan Rakyat di Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang. Jurnal Hutan Lestari. Vol. 5 (4).
Mundada, Sneha dan Ruchi Shivhare. 2008. Pharmachology of Tridax procumbens. International Journal of Green Pharmacy. Vol. 5
Pai, Chitra, Ujjwalla Kulkarni, Manjusha Borde, Sowmya Murali, Mrudula P. 2011. Antibacterial Activity of Tridax procumbens. British Journal of Pharmaceutical Research. 164-173.
Reader dan Buck. 2000. Pertumbuhan Gulma Pada Kondisi Lingkungan. PT Gramedia Press: Jakarta.
Utami, Danik Tri Wahyu. 2017. Studi Keanekaragaman Vegetasi Rumput dan Herba di Hutan Sekipan Desa kalisongo Tawangmangu Karanganyar Provinsi Jawa tengah. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Riska Andriani, Hesti Kurniahu, & Sriwulan. (2018). JENIS TUMBUHAN PIONEER YANG DITEMUKAN DI LAHAN BEKAS TAMBANG KAPUR DESA BANJARAGUNG KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 3(1), 239–242. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/207