PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KANTONG PINTAR (PAKAPIN) PENJUMLAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN KOWANG II

Authors

  • Berliana Shobirin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2072

Keywords:

Pengembangan, Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sering kali dianggap sulit oleh siswa, terutama pada siswa  kelas I di SDN Kowang II. Minimnya pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami merupakan salah satu faktor yang membuat matematika kerap dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Oleh karena itu peneliti menggunakan media pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Kowang II pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dengan tujuan untuk mengembangkan media papan kantong pintar (Pakapin) yang valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN Kowang II materi penjumlahan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Reasearch and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengembangan media ini di validasi oleh 3 validator, yaitu validasi ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi atau pembelajaran. Penelitian ini membuktikan bahwa validasi media papan kantong pintar (Pakapin) memperoleh rata-rata persentase sebesar 95% yang artinya sangat valid atau layak digunakan. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa menggunakan pretest dan postest yang memperoleh rata-rata 60 sebelum diberikan perlakuan, dan 85.3 setelah diberikan perlakuan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, serta angket analisis observer 1 dari guru dengan rata-rata 80.5% dengan kategori sangat baik dan angket analisis observer 2 dari rekan peneliti dengan rata-rata 83.3% dengan kategori sangat baik. Data kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dengan rata-rata 90.3% dengan kategori sangat baik, dan angket respon guru dengan rata-rata 87.5% dengan kategori sangat baik.

References

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta, Indonesia: PRENADAMEDIA.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Supriadi, D. (2013). Matrik Menjadikan Matematika Lebih Mudah dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Nuansa.

Goenawan, S., & Santoso, A. (2014). Metode Horisontal Penjumlahan dan Pengurangan Ajaib. Jakarta: PT. Gramedia.

Harris, R., & Clayton, B. (2019). The current emphasis on learning outcomes. International Journal of Training Research, 17(2), 93-97.

Khoza, S. B. (2013). Learning Outcomes as understood by ‘Publishing Research’ facilitators at a South African university. Mevlana International Journal of Education, 3(2), 1-11.

Dewi, T. H. S., Gunarhadi, & Riyadi. (2018). The important of learning media based on illustrated story book for primary school. Proceeding of International Conference On Child-Friendly Educa, 2014, 233-237.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Tahta media group.

Windaliyani, Yuli. (2019). Penerapan Metode Permainan Bingo dan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika SDN Pandian V Tahun Pelajaran 2018/2019, STKIP PGRI SUMENEP, 2019, h.8.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4, No. 2, h. 133-134.

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11.

Fransisca Selly, dkk. (2019). Pemanfaatan Tekhnologi RFID untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Tekhnologi Kompiter dan Informasi. Vol. 1, No. 1, h. 73.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation [Research article]

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Shobirin, B., & Widiyanti, I. S. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KANTONG PINTAR (PAKAPIN) PENJUMLAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN KOWANG II. Prosiding SNasPPM, 8(1), 627–633. https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2072