PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK KELAS 5 DI SDN SIDOMUKTI

Authors

  • Monica Ningsih Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

E-modul Berbasis Flipbook

Abstract

Pengembangan dan penelitian e-modul berbasis flipbook adalah salah satu media dan sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan e-modul berbasis flipbook, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan metode R&D (Penelitian dan Pengembangan) yang model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain) Development (pengembangan), Implementasion (implementasi), Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi ahli media, materi dan ahli bahasa, lembar respon angket siswa dan guru, lembar tes soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara, analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi 93,3% dengan kriteria “sangat valid”. Validasi ahli media mendapatkan 88% dengan kriteria “sangat valid”. Validasi ahli bahasa mendaptakan 95,5% dengan kriteria “sangat valid”. Melalui uji kepraktisan yang dilakukan dengan pengisian angket respon guru yang terdiri dari 9 indikator pertanyaan mendapatkan 93,3% dengan kriteria “sangat praktis” dan pengisian angket respon siswa dengan 10 indikator pertanyaan mendapatkan nilai 92,5% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan uji kefektifan e-modul berbasis flipbook yang telah dilakukan dengan pengisian tes evaluasi yang berjumlah 15 soal tes mendapatkan nilai 89,37% dengan kriteria “sangat efektif”. Berdasarkan analisis data tersebut e-modul berbasis flipbook telah layak digunakan untuk pembelajaran karena sudah valid, praktis dan efektif.

               

Kata kunci: Media, E-modul, Flipbook

References

Anak Agung Meka Maharcika, Ni Ketut Suarni, and I Made Gunamantha, 2021, “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., 5(2), pp. 165–174.

Aryati, L., Pujiastuti, H., and Sudiana, R., 2020, “Development of Learning Media with the STEM Approach on Materials of Sequences and Series,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, 10(2), pp. 91–102.

Cahyoratri, T. E., 2018, “Pengembangan Modul Berbasis Pop Up Untuk Materi Virus Kelas X SMA (Skripsi),” p. 165.

Fausih, M., and Danang, T., 2015, “Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura,” J. UNESA, 01(01), pp. 1–9.

Sari, I., 2021, “Pengembangan E-Module Berbentuk Flipbook Pada Materi Polusi Mata Pelajaran Ipa Smk Kelas X.”

Kemendikbud, 2017, Panduan Praktis Penyusunan E-Modul.

Wahyuny, I. N., 2017, “Pengembangan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islam Dan Produk Halal Dengan ‘ADDIE,’” Pros. Semin. Pendidik. Ekon. dan Bisnis.

Nisa, A. H., Mujib, M., and Putra, R. W. Y., 2020, “The Effectiveness of E-Module with Gamification-Based Professional Flip Pdf Against Middle School Students,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, 05(02), pp. 14–25.

Hidayati, A., Saputra, A., and Efendi, R., 2020, “Pengembangan E-Modul Berorientasi Strategi Flipped Classroom Pada Pembelajaran Jaringan Komputer,” J. Resti (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), 4(3), pp. 429–437.

Wulan, S., 2020, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan Kelas VII MTs Negeri 3 Luwu,” J. Pendidik. Tadris Mat., p. h. 38-40.

Winarni, S., and Hidayat, R., 2018, “Edumatica Volume 08 Nomor 02 Oktober 2018 Rohati,” 08, pp. 81–91.

Dumiyati, D., Wardhono, A., and Nurfalah, E., 2021, “Dissemination of ICT-Based Learning Models to Improve Student Learning Independence in Higher Education.”

Elsa, R., 2021, “Pengembangan E - Modul Berbasis Android Menggunakan Flipbook Maker Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batusangkar.”

Nurjayanti, D., 2021, “Pengembangan E-Modul Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vii Di Smp Pgri Tumbrasanom,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., 11(5), pp. 1–10.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., and Harmianto, S., 2016, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 6(August), p. 128.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Ningsih, M., & Ina Agustin, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK KELAS 5 DI SDN SIDOMUKTI. Prosiding SNasPPM, 8(1), 312–319. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2078