PENGEMBANGAN PADIBER (PAPAN DIORAMA BERPUTAR) MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Authors

  • Della NaningTiyas Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • sri cacik Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2084

Keywords:

media, diorama, diorama berputar, motivasi, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

PADIBER (Papan Diorama Berputar) merupakan media pembelajaran berbentuk diorama yang dapat berputar dengan memuat materi siklus air kelas V, media pembelajaran ini dikembangkan karena terbatasnya media yang digunakan dalam memahami materi sikuls air. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan, tingkat kepraktisan serta tingkat keefektifan dari Padiber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode R & D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluasi). Subjek peneitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan antara lain lembar wawancara, lembar validasi, lembar tes siswa, lembar angket respon guru dan siswa serta lembar anget motivasi belajar siswa. Kemudian data yang telah diperoleh diolah menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk penellitian yang telah dikembangkan ini memperoleh tingkat kelayakan sebesar 96% dengan kategori valid dari ahli media, 90% dengan kategori valid dari ahli materi dan 77% dengan kategori valid dari ahli bahasa. Selanjutnya hasil dari tingkat kepraktisan dari produk yang dikembangkan ini memperoleh tingkat kepraktisan sebesar 87% degan kategori sangat prktis dari respon guru dan 93% dengan kategori sangat praktis dari respon siswa. Untuk hasil dari tingkat keefektifan produk ini memperoleh tingkat nilai N-Gain  dengan rata-rata tinggi untuk tes siswa dan nilai N-Gain dengan rata-rata sendang untuk motivasi belajar siswa, berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka Padiber dapat di katakana efektif untuk digunakan. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan maka media yang dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk sigunakan pada siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: media; padiber (papan diorama berputar)

 

 

 

References

D. N. Afifah, A. Widiyono, and S. N. C. Attalina, “Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar,” 2022.

A. Seftriana, S. Wulan, and N. Hasanah, “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA,” 2020.

A. Azhar, 2013. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.2013

H. Muhammad dkk, MEDIA PEMBELAJARAN. Tahta Media Group.2021

Susanti, L.,STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MOTIVASI.PT elex Media Komplitudo.2019

Yanti Hendrik, M., SunarioTanggur, F., and Lioba Nahak, R., (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang”. In Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2021, vol. 2, no. 2, pp.115-129.

Anggraeni, R., and Istianah, F. (2017). “Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA,” 2017.

Nurrita, T., (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”,2018, vol. 3, no. 1, pp.171-187.

S. Kiswandari, “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD,” 2019.

A. Krisyuliani, Romdanih, and I. N. Rahmad, “Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, pp. 824–829, 2021.

I. K. D. Putra and N. W. Suniasih, “Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 238–246, 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i2.

Sugiyono, METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta.2016

H.Amir,METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN Research & Developmet.Literasi Nusantara.2019

Aprillianti, P., and Wiratsiwi, W., “Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 2021, vol. 6, no. 1, pp.80-88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Novita, L., Sukmanasa, E., and Yudistira Pratama, M., “Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD”. In Indonesian Journal of Primary Education, 2019 vol. 3, no. 2, pp 64–72.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

NaningTiyas, D., & cacik, sri. (2023). PENGEMBANGAN PADIBER (PAPAN DIORAMA BERPUTAR) MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. Prosiding SNasPPM, 8(1), 597–614. https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2084