PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2101Keywords:
Media, Video Animasi, Sifat BendaAbstract
Mata pelajaran IPA banyak menyampaikan materi yang diajarkan sesuai dengan kondisi nyata. Dari hasil observasi di SDN Gedongombo VI pada kelas V mendapatkan hasil bahwa peserta didik ramai dan berbicara sendiri ketika guru menerangkan. Sedangkan hasil wawancara dengan guru diperoleh hasil data bahwa jumlah total 19 siswa, hanya 15,79% atau 3 siswa saja yang mendapat nilai di atas KKM. Sedangkan sisanya 84,21% atau 16 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media video animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE: Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Developmen (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket lembar validasi ahli, lembar respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa pretest dan posttest. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase kelayakan 88% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh presentase 94,28% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentasi 84% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon praktisi guru memperoleh presentase 93,33% dengan kriteria sangat praktis. Hasil respon pengguna siswa memperoleh presentase 91,58% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes siswa yang tuntas KKM memperoleh presentase 94,73% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media video animasi sifat benda dan perubahan bentuk benda yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif sebagai media video animasi yang baik digunakan dalam pembelajaran tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 Kelas V SDN Gedongombo.
Kata Kunci: Media; Video Animasi; Sifat Benda
References
Soeprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29.
Wiratama, N. A. (2019). Penerapan media audio visual pada model pembelajaran student facilitator and explaining (sfae) dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas iv sdn kamulan ii kecamatan talun kabupaten blitar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 122-133..
Djamara, B. S., Zaim, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reineka Cipta.
Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138-144.
Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan video pembelajaran ipa terpadu pada tema konservasi gajah berkarakter peduli lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187-195.
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165-178.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta
Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pengembangan. Jakarta: Kencana.
Fuada, S. (2019, June). Pengujian validitas alat peraga pembangkit sinyal (oscillator) untuk pembelajaran workshop instrumentasi industri. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 854-861).
Zaryanti, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT (Microsoft Office Power Point) Pada Materi Bekam Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Riduwan & Sunarto. (2014). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Ridwan, R., Adnan, A., & Bahri, A. (2018). Pengembangan E-Modul biologi berbasis nilai iman dan taqwa pada siswa MA kelas XI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Yuliantina, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut Dalam Materi Pasang Surut Air Laut Pada Kelas 6 SD (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).