PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON (POWERPOINT CARTOON) BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA

Authors

  • Dwi Mei Tanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Agustina Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Powtoon, kemampuan Membaca, Disleksia, ADDIE

Abstract

Pengguaan media dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan. Dengan adanya media siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di SDN Gedongombo VI serta untuk menghasilkan produk berupa media powtoon berbasis literasi digital yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini  model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation  (implementasi), Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi,  lembar validasi ahli materi, bahasa, media, lembar angket respon siswa dan guru. Serta lembar tes kemampuan membaca  berupa soal evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara, hasil observasi, analisis data kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powtoon yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid serta cukup valid digunakan dengan persentase untuk ahli materi 85%, ahli media 91%, dan ahli bahasa 80% serta telah dilakuka revisi produk sehingga dapat diuji cobakan dilapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media powtoon yang dikembangkan memiliki kriteria praktis dan sangat praktis dan praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon guru 82% dan  angket respon siswa 92,5%. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain 0,5 yang menunjukkan tingkat efektifitas sedang, Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa media powtoon yang dikembangkan valid, sangat praktis. Dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Powtoon, kemampuan membaca, disleksia, ADDIE

References

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan sekolah dalam melaksanakan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 90-95.

Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.

Rofiah, N. H. “Proses Indentifikasi: ‘Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi’.” Jurnal Inklusi 2, No. 1 (2015): 109-124

Surayya, S., & Mubarok, H. (2021). Pengaruh Aplikasi Marbel Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 193-204.

MUBAROK, Husni. Pengaruh Aplikasi Marbel Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2021, 6.2: 193-204.

I B. Putrayasa and I. N. Sudiana,“Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar,” vol. 8, no. 1, pp. 733–739, 2022.

W. Krismanto, A. Halik, and S. Sayidiman, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare,” Publ. Pendidik., vol. 5, no. 3, 2015, doi: 10.26858/publikan.v5i3.1616

Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. An Nabighoh, 20(01), 129-138.

Deliviana, E. (2017) ‘Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya’, Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), pp. 1689–1699.

Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies Vol., 2(2), 239–249. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148.

Setiowati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879.

Asyhari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5, 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifabiruni.v5i1.100.

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949 /jcp.v5i1.1233

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimba Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. In Seminar Nasional “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Strategi Dan Inovasi Pembelajaran (Vol. 1, pp. 25-31).

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” J. IKA, vol. 11, no. 1, p. 16, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Alfiati, R., Agustin, I., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & PGRI Ronggolawe, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL KATA (FLANKAT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DISLEKSIA DI SDN TAMBAKBOYO II. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat http://prosiding.ul

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Mei Tanti, D., & Agustina, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON (POWERPOINT CARTOON) BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA. Prosiding SNasPPM, 8(1), 266–275. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2109