PENGARUH MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH, DAYA TARIK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE WISATA PANTAI SEMILIR

Authors

  • Habib Al Mahdi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nia Nurfitria Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

regresi linear berganda, pantai semilir tuban, media sosial, word of mouth, daya tarik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir, mengetahui pengaruh word of mouth terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir, mengetahui pengaruh daya tarik terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir, mengetahui pengaruh fasilitas terhadap wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket(kuesioner) dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel(responden), kemudian diolah dalam bentuk data. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan hasil persamaan . Hasil penelitian ini membuktikan bahwa:(1) media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir dengan nilai sig. 0,00 < (a=0,05). (2) word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir dengan nilai sig. 0,009 < (a=0,05). (3) daya tarik berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir degan nilai sig. 0,00 < (a=0,05). (4) fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke wisata pantai semilir denga nilai sig. 0,00 < (a=0,05).

References

A. R. Syahrul, “Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berkunjung Kembali Ke Aloita Resort Di Kab. Kep. Mentawai,” J. Pelangi, vol. 7, no. 1, 2014.

T. A. R. R. Pratama, “Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan,” Ejournal KAWASA, vol. 10, no. 2, pp. 29–37, 2020.

N. N. Zakiyah and U. Romadi, “Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo,” J. Sains Komun. Dan Pengemb. Masy. [JSKPM], vol. 6, no. 1, pp. 145–156, 2022.

A. A. Hidayanti and L. Masyhudi, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 2, pp. 129–144, 2020.

S. Abdulhaji and I. S. H. Yusuf, “Pengaruh atraksi, aksesibilitas dan fasilitas terhadap citra objek wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate,” Hum. J. Penelit., vol. 7, no. 2, pp. 134–148, 2017.

G. Hasan, “Pengaruh Rasa Kagum Terhadap Kepuasan Wisata Saat Berkunjung ke Wisata Religi di Kota Batam,” J. Sustain. Bus. Hub, vol. 1, no. 2, pp. 29–38, 2020.

G. Suwantoro, “Dasar-dasar pariwisata,” 2004.

V. Muflikhah, Y. P. Mbulu, and I. M. A. Gunadi, “Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram dan Atribut Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung di Floating Market Lembang,” J. Tour. Destin. Attract., vol. 6, no. 2, pp. 16–29, 2018.

P. E. Lestari, A. Purwanto, and I. Sakti, “Pengembangan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah pada konsep usaha dan energi di sma,” J. Kumparan Fis., vol. 2, no. 3 Desember, pp. 161–168, 2019.

F. Nurlan, Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara, 2019.

S. K. Dewi and A. Sudaryanto, “Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah,” 2020.

G. Mardiatmoko, “Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]),” BAREKENG J. Ilmu Mat. Dan Terap., vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020.

T. Monica and A. Arisman, “Pengaruh Keadilan Pajak, Sistem Perpajakan, Dan Diskriminasi Pajak Terhadap Persepsi Wajib Pajak Orang Pribdai Mengenai Etika Penggelapan Pajak (Tax Evasion)(Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Seberang Ulu Kota Palembang),” 2018.

W. B. Arna, I. Arofah, and K. A. Belang, “Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda,” J. Stat. dan Mat., vol. 1, no. 1, 2019.

I. M. Yuliara, “Regresi linier berganda,” Denpasar Univ. Udayana, 2016.

A. H. Romdhoni and F. El Yozika, “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah Dan Ijarah Terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 4, no. 03, pp. 177–186, 2018.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Mahdi, H. A., Oktafianto, K., & Nurfitria, N. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH, DAYA TARIK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE WISATA PANTAI SEMILIR. Prosiding SNasPPM, 8(1), 257–265. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2110