PENGEMBANGAN MEDIA BUTAR(Buku Pintar) PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS 5 SDN TONDOMULO IV

Authors

  • Vivit indah Savitri Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

penting

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan produk media BUTAR (Buku Pintar) untuk menyajikan materi pembelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas 5 SD untuk  memenuhi kebutuhan siswa. Efektivitas dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Tondomulo IV Kedungadem Bojonegoro. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi  yang ditulis oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, lembar respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Hasil dari penelitian media BUTAR (Buku Pintar) menunjukkan bahwa pengembangan mempunyai kriteria pembelajaran sangat praktis, hasil penyajian angket feedback guru sebesar 90%, hasil penyajian angket feedback sebesar 90%, dan respon siswa sebesar 91%. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 98%, yang menunjukkan kriteria sangat efektif. Data yang diperoleh dari hasil validasi, angket tanggapan guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa media BUTAR (Buku Pintar) yang dikembangkan oleh peneliti valid/layak, sangat praktis dan sangat efektif untuk digunakan.

References

S. Aisyah and R. Astuti, “Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 6120–6125, 2021, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Mengenai+Telaah+Kurikulum+K-13+pada+Jenjang+Sekolah+Dasar&btnG=

F. K. Amris and D. Desyandri, “Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2171–2180, 2021, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pembelajaran+Tematik+Terpadu+menggunakan+Model+Problem+Based+Learning+di+Sekolah+Dasar+Firda&btnG=

I. K. Suda, “Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia,” pp. 1–20, 2016, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENTINGNYA+MEDIA+DALAM+MENINGKATKAN+KUALITAS+PEMBELAJARAN+SISWA+DI+SEKOLAH+DASAR+&btnG=

S. Putrawangsa, “Desain Pembelajaran Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran,” 2018, pp. 1–107. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/DESAIN_PEMBELAJARAN_Design_Research_seba/CXF9DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

R. Maulida, M. R. Akbar, and D. Iswahyudi, “Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A Melalui Media Buku Pintar Di TKMuslimat NU 2 Singosari Malang Tahun 2019,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, pp. 833–836, 2019, [Online]. Available: https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/405

S. Purnama, “Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab),” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 4, no. 1, pp. 19–32, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/70/69

H. R. Setiawan, A. J. Rakhmadi, and A. Y. Raisal, “Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip,” J. Kumparan Fis., vol. 4, no. 2, pp. 112–119, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/kumparan_fisika/article/view/16236

A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, 2018.

A. Hidayat and I. Irawan, “Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 51–63, 2017.

E. Winaryati, M. Munsarif, M. Mardiana, and S. Suwahono, Cercular Model of RD & D. Semarang: KMB Inodonesia, 2021.

R. D. Rahmadanty, A. Laila, and K. Saidah, “Pengembangan Bahan Ajar Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Kediri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Efektor, vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.29407/e.v9i1.16435.

N. A. Wiratama, “Pengembangan Buku Cerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN KEDUNGREJO 1 Kerek Kabupaten Tuban,” J. Tunas Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 495–504, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/login

N. I. Pratiwi, “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi,” J. Ilm. Din. Sos., vol. 1, pp. 202–224, 2017.

M. Hasan et al., Media Pembelajaran. Klaten, 2021. [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf

N. Nurlela, “Pengembangan Buku Pintar Berbasis Informasi And Communication Technologi Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 02 Cisampih Lebak-Banten,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 10, pp. 1627–1642, 2021, [Online]. Available: https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8352

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Savitri, V. indah, & Wiratama, N. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BUTAR(Buku Pintar) PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS 5 SDN TONDOMULO IV. Prosiding SNasPPM, 8(1), 248–256. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2116