Pengembangan Media Pull Up Photo Box Untuk Anak Slow Learner Kelas V Di SDN Ngino II Tuban
DOI:
https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2118Keywords:
Kata Kunci: Pull Up Photo Box, slow learner, ADDIEAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksankan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media Pull Up Photo Box. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang mengembangkan produk media pembelajaran Pull Up Photo Box. Model penelitian yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develope (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa berupa soal evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa slow learner yang berada di kelas V tingkat Sekolah Dasar di SDN Ngino II Semanding Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pull Up Photo Box yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid serta cukup valid digunakan dengan presentase untuk ahli materi 88%, ahli media 64% dan hali bahasa 83% serta dilakukan sedikit revisi produk dari masukan para ahli sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media Pull Up Photo Box yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 92% dan angket respon siswa 88%. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain 0,5 termasuk kriteria sedang sehingga media dinyatakan efektif. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media Pull Up Photo Box yang dikembangkan layak/valid, cukup valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: Pull Up Photo Box, slow learner, ADDIE
References
Akib, E., & Akhir, M. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SD PERTIWI MAKASSAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 37–52. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/28231
Ningsih, L. Z., & Silvianetri, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Slow Learner Pasca BDR. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan …, 5(2), 118–122. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/8538
Marheni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 154–162. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2185
Diansari I., Mega Isvandiana Purnamasari, & Ferry Aristya. (2020). Analisis Faktor Penyebab Anak Lamban Belajar Di Kelas Iii Sd Negeri 1 Pringkuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Repository Stkippacitan, 1–7. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/343/
Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 34–42. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605
Ma’aniyah, S., & Mintohari. (2019). Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar. Jpgsd, 7(2), 2749–2759. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/27769/25410
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 5186–5195. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3156
Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26466
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 115-128. https://www.academia.edu/download/69449334/pdf.pdf
Wisnu Wardana, M. A., Febriana, N., Krida Karina, Y., Mulyono, S., & Sasmito, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pull Out Photo Box Sebagai Upaya Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Sekolah Inklusi Tingkat Dasar. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 42–54. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/27330
Nurmalasari, Liyana. Akhbar, M. T. S. S. L. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HEWAN DAN TUMBUHAN (TUHETU) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 5(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/6291
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Sundari, S. (2023). DESAIN HANDOUT STEAM@HOME BERBASIS TEAM BASE PROJECT PADA MATAKULIAH BIOTEKNOLOGI. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 394–402. https://www.e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/2271
Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3156