PENGEMBANGAN MEDIA LCS 3D (LINGKARAN CUACA SMART TIGA DIMENSI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KUMPULREJO I

Authors

  • Niswatin Ilahiyah Wahyuni Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iis Daniati Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2119

Keywords:

celebgram, celebrity

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media LCS 3D (Lingkaran Cuaca Smart Tiga Dimensi) yang dapat digunakan sebagai sarana penyampaian materi dalam pembelajaran khususnya materi cuaca, dan media ini telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas  III SDN Kumpulrejo I yang berjumlah 16 siswa diantaranya 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian yaitu lembar validasi ahli (ahli media, ahli materi dan ahli bahasa),lembar repon guru, dan lembar respon siswa serta lembar tes evaluasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Hasil dari penelitian media LCS 3D (Lingkaran Cuaca Smart Tiga Dimensi) menunjukkan bahwa media memiliki kriteria valid dengan persentase dari ahli materi 86%, ahli bahasa 80% dan ahli media 76% dan telah dilakukan revisi sehingga media LCS 3D (Lingkaran Cuaca Smart Tiga Dimensi) dapat diujicobakan. Uji coba pada siswa disekolah didapatkan hasil angket respon guru dengan persentase 94% dan hasil angket respon siswa dengan persentase 90% memenuhi kriteria sangat praktis dan hasil tes siswa dengan persentase 95 % memenuhi ktiteria sangat efektif. Berdasarkan hasil pemerolehan data menunjukkan bahwa media LCS 3D (Lingkaran Cuaca Smart Tiga Dimensi) yang dikembangkan oleh peneliti layak/ valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Media; IPA; Cuaca; LCS 3D.

 

 

References

Lubis, R. N. (2018). Konsep Evaluasi dalam Islam. SABILARRASYAD. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 3(1)

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2)

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183

Nurrita, Teni.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat 3(1), 171-187.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan game math space adventure sebagai media pembelajaran pada materi pecahan di sekolah dasar. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-54.

Gumanti, A.G., Yunidar., Syahrudin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, H. (2017). Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada Pt. Hyundal Mobil Indonesia Cabang Kalimalang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 15-20.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS berbasis RME dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kamampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS berbasis RME dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kamampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63.

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan game math space adventure sebagai media pembelajaran pada materi pecahan di sekolah dasar. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-54.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Ilahiyah Wahyuni, N., & Daniati, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA LCS 3D (LINGKARAN CUACA SMART TIGA DIMENSI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KUMPULREJO I. Prosiding SNasPPM, 8(1), 732–741. https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2119