PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS CANVA DI MA NURUL HUDA KRAGAN REMBANG
DOI:
https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2123Keywords:
pelatihan, media pembelajaran, ular tangga, canvaAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Canva di MA Nurul Huda Kragan Rembang. Sekolah tersebut dipilih karena guru belum pernah menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran . Pelaksanaan pelatihan selama dua hari. Peserta pelatihan memperoleh informasi terkait cara membuat media ular tangga berbasis canva Peserta pelatihan mampu membuat media ular tangga secara mandiri. Peserta pelatihan dapat menggunakan produk media ular tangga hasil pengembangannya saat pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UNIROW mampu memberikan beberapa hasil, antara lain: (1) terciptanya sinergi antara UNIROW dengan YPKSI Nurul Huda Kragan, (2) respon yang baik dari peserta pelatihan dengan hasil angket sebesar lebih dari 90,68%.
References
B. P. S. K. Rembang, “Kecamatan Kragan Dalam Angka 2019,” Badan Pus. Stat. Kabupaten Rembang, 2019.
M. S. Fatwa, “Dinamika Pendidikan Masyarakat Nelayan di Desa Pandangan Wetan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang,” in Forum Ilmu Sosial, 2016, vol. 43, no. 1, pp. 38–45.
M. H. Ginanjar, “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 04, 2017.
N. Rakhmadhani, S. Yamtinah, and S. B. Utomo, “Pengaruh penggunaan metode teams games tournaments berbantuan media teka-teki silang dan ular tangga dengan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Kim., vol. 2, no. 4, pp. 190–197, 2013.
B. Slameto, “Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
A. Arsyad, “Media pembelajaran.” Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2011.
J. W. Santrock, “Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.” Ed, 2010.
A. Kadarwati and I. Malawi, Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi). Cv. Ae Media Grafika, 2017.
S. Nurfadhillah, MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher), 2021.
N. Nurhayati, “Pemilihan media pembelajaran,” Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.
A. Suryani and R. N. Rosa, “Using a board game ‘snake and ladder’ in teaching speaking at junior high school,” J. English Lang. Teach., vol. 2, no. 2, pp. 16–24, 2014.
R. R. Wandini, E. S. D. Damanik, S. H. Daulay, and W. Iskandar, “the Effect of Snake and Ladder Game on Student Learning Outcomes in Studying of Islamic History ‘Fathu Mecca’ At the Elementary School Muhammadiyah, North Sumatera, Indonesia,” Al-Bidayah J. Pendidik. dasar Islam, vol. 13, no. 1, pp. 167–178, 2021.
A. P. Gehred, “Canva,” J. Med. Libr. Assoc. JMLA, vol. 108, no. 2, p. 338, 2020.
W. A. B. W. Mohammad, R. B. Kechil, and A. B. M. Mydin, “TeKnow: A KNOWLEDGEABLE GAME FOR KIDS,” ENHANCING Innov. e-LEARNING Futur. Prep., p. 120, 2023.
M. Prestasi and P. B. Akuntansi, “Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara,” Universitas (Stuttg)., vol. 137, p. 142, 2014.