PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BARUANG (BELAJAR BANGUN RUANG) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN GAJI V KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN
Keywords:
Media Pembelajaran, Flashcard Baruang, Matematika, Bangun RuangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media flashcard baruang (belajar bangun ruang) pada pembelajaran matematika materi bangun ruang peserta didik kelas 5 sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perencanaan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek coba dalam penelitian ini adalah para ahli, guru, dan peserta didik kelas 5 di SDN Gaji V. Instumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli, lembar tes peserta didik, serta lembar respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil dari penelitian media flashcard baruang (belajar bangun ruang) menunjukkan bahwa pengembangan media memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan dengan persentase dari ahli media 96%, ahli materi 82,8%, dan ahli bahasa 84%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil tes peserta didik menunjukan ketuntaan secara klasikal dengan persentase 98% yang menunjukkan kriteria sangat efektif. Lembar angket respon guru dan peserta didik menunjukkan bahwa pengembangan media memiliki kriteria sangat praktis untuk pembelajaran dengan hasil presentasi angket respon guru 95,55% dan angket respon peserta didik 95,25%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa media flashcard baruang telah valid, efektif, dan praktis.
References
S. Mashuri, Media Pembelajaran Matematika. Deepublish, 2019
A. Amir, “Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif,” in J. Forum Paedagog, 2014, vol. VI, no. 01, pp. 72–89.
N. Sulviana Dkk, “Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,” in Jambura J. Educ. Manag, 2021, vol. 2 no. 1, pp. 15–31.
D. Arina, E. S. Mujiwati, and I. Kurnia, “Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar,” in Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, 2020, vol. 1, no. 2, pp. 168–175.
N. A. Wiratama, “Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar Subtema Hewan Dan Tumbuhan,” in Pros. Semin. Nas. PGSD UNIKAMA, 2021, vol. 5, no. 1, pp. 509–516, 2021.
S. Nurfadhillah, Media Pembelajaran. CV Jejak, anggota IKAPI, 2021.
T. Nurrita, “Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa,” in Misykat, 2018, vol. 03, pp. 171–187.
A. Satriana, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 Sampai 5 Bagi Anak Tunagrahita Sedang Melalui Media Flash Card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang,” in J. Ilm. Pendidik. Khusus, 2013, vol. 2, no. September, pp. 153–165.
L. Hayati, “Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard di Sekolah Dasar,” in J. Ilmu Pendidik., 2021, vol. 3, no. 5, pp. 2769–2775.
U. Mansyur, “Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Umar Mansyur Fakultas Sastra,” in J. Fak. Sastra, 2018, vol. 6, no. 1, pp. 1-9.
M. Bakhtiar, “Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Rumus Bangun Ruang Balok di MI Islamiyah Sendang Agung Bojonegoro,” in Attanwir J. Keislam. dan Pendidik., 2021, vol. 12, no. 2, pp. 94–105.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Y. H. Rayanto and Sugianti, Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute Perum Sekar Indah II, 2020.
A. E. Damayanti dkk, “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis,” in Indones. J. Sci. Math. Educ, 2018, vol. 1, no. 1, pp. 63–70.
D. N. Efendi dkk, “Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor,” in J. Pembelajaran Fis, 2021, vol. 10, no. 2, pp. 49.