Penerapan Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Pada Materi Media Promosi Dalam Pemasaran
Keywords:
evaluasi pembelajaran, kahoot, prestasi belajar, responAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penggunaan kahoot sebagai alat evaluasi, prestasi belajar peserta didik dalam menggunakan evaluasi berbasis kahoot, dan respon guru serta peserta didik terhadap penggunaan evaluasi berbasis kahoot. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK NU Palang dengan jumlah 22 orang dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan kahoot sebagai alat evaluasi, 81,8% peserta didik memperoleh prestasi belajar >70, penggunaan evaluasi berbasis kahoot memperoleh respon guru sebanyak 92% dan respon peserta didik sebanyak 90,09%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar peserta didik dalam menggunakan evaluasi berbasis kahoot dalam kategori tinggi, respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan evaluasi berbasis kahoot juga sangat baik. Berarti kahoot sangat baik digunakan sebagai alat evaluasi khususnya untuk materi media promosi dalam pemasaran.
References
S. Mulyani, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Sungai Bahar,” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, (Online), (https://aritmatika.uinkhas.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2021.
C. K. Dewi, “Pengembangan Alat Evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, (Online), (http://repository.radenintan.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2018.
S. Mulyani, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Sungai Bahar,” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, (Online), (https://aritmatika.uinkhas.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2021.
S. Mulyani, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Sungai Bahar,” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, (Online), (https://aritmatika.uinkhas.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2021.
S. Mulyani, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Sungai Bahar,” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, (Online), (https://aritmatika.uinkhas.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2021.
S. A. Simanullang, “Rancangan Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Akuntansi,” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, (Online), (http://repository.umsu.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2020.
M. Fahrurrozi1 & S. N. L. Rahmawati, “Pengembangan Model Instrumen Evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Ekonomi,” JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, (Online), (https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp, diakses 15 Februari 2023), 2021.
Supriatini, Refson, & Mustofa, “Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VII”, Jurnal Bindo Sastra, 4 (1): 48-62, (Online), (http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index, diakses 15 Februari 2023), 2020.
K. Rahayu, “Pengembangan Media Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pungging Mojokerto,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (Online), (http://etheses.uin-malang,ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2021.
K. Jannah & T. Pahlevi, “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan OTKP di SMK Negeri 2 Buduran,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 8, Nomor 1, (Online), (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap, diakses 15 Februari 2023), 2020.
A. D. Damayanti, R. M. Dewi, “Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 Nomor 4 Halm 1647 – 1659, (Online), (https://edukatif.org/index.php/edukatif/index, diakses 15 Februari 2023), 2021.
L. S. Faznur, Khaerunnisa, & A. Sumardi, “Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), (Online), (http://jurnal.umj.ac.id/index.php/JPMT, diakses 15 Februari 2023), 2020.
N. Fajri, A. Akbar, S. Zakir, & A. Rila, “Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran PAI pada Materi Masuknya Islam ke Nusantara SMPN 1 Banuhampu Kabupaten Agam,” Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, (Online), (https://jurnal.umsb.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2021.
Lisnan & G. Emmanuel, “Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Ipa,” JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(2), 155-167, (Online), (http://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi, diakses 15 Februari 2023) 2020.
M. Ardiansyah, “Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif,”. Jurnal Matematika Ilmiah (JuMlahku), (Online), (https://jurnal.upmk.ac.id, diakses 15 Februari 2023), 2020.
E. Maulidah, A. H. Syaf, T. K. Rachmawati, & H. Sugilar, “Berpikir Kritis Matematis dengan Kahoot,” Jurnal Analisa, 6 (1) (2020) 19-27, (Online), (http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index, 15 Februari 2023), 2020.
E. S. Holiqi, Maryani, & S. H. B. Prastowo, “Development of Contextual Assessment Instruments for Students’ Critical Thinking Skills Using Kahoot Quiz,” Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 10 No. 2, Online, (http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/, 15 Februari 2023), 2021.
A. A. Fajriyyah & M. Nugrahalia, “Efektivitas Aplikasi Kahoot! sebagai Alat Evaluasi Kognitif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia,” Jurnal Pelita Pendidikan, (Online), (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index, 15 Februari 2023), 2020.
A. Ma’ruf & Alfurqan, “Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Digital Game Based Learning dalam Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Padang,” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 4 Nomor 5, (Online), (https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun, 15 Februari 2023), 2022.
H. Rahman, “Optimalisasi Game Learning Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran Daring Matematika di SMKN 1 Singgahan Tuban,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2 Issue 1 91-104, (Online), (https://jurnaledukasia.org/jpp, 15 Februari 2023), 2021.
N. Indriani, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot pada Proses Evaluasi Pembelajaran Siswa Kelas IV SD MI NU Ngingas Kabupaten Sidoarjo,” Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 7 No 1, (Online), (https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp, 15 Februari 2023), 2022.
A. Kudri1& Maisharoh, “Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 Nomor 6 Halm 4628 – 4636, (Online), (https://edukatif.org/index.php/edukatif/index, 15 Februari 2023), 2021.
F. Daryanes , D. A. Dipuja , & F. Suzanti, “Peningkatan Kemampuan Penguasaan Teknologi Melalui Penggunaan Aplikasi Kahoot Dan Quizizz Bagi Guru Pada Proses Evaluasi Pembelajaran Daring,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol. 6, No. 2, Hal. 913-924, (Online), (http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm, 15 Februari 2023), 2022.
N. I. R. Kurniadi, R. S. Agustin, & Roemintoyo, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi,” IJCEE, Vol. 8 No. 1, Hal 62-67, (Online), (http://jurnal.uns.ac.id, 15 Februari 2023), 2022.
M. M. Mohammad, P. M. Sari, “Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar,” Jurnal Educatio, Volume 7, No. 3, pp. 1194-1198, (Online), (https://ejournal.unma.ac.id/je, 15 Februari 2023), 2021.