PENGEMBANGAN MEDIA PULACA (PUZZLE PELENGKAP PECAHAN) MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS II SDN KARANGDINOYO II
Keywords:
pulaca, pecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media PULACA (Puzzle Pelengkap Pecahan) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas 2 sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 2 di SDN Karangdinoyo II di Sumberrejo, Bojonegoro. Instumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Hasil dari penelitian ini adalah produk yang dikembangkan pada tahap validasi ahli materi mendapat hasil 95% dan dinyatakan sangat valid. Validasi ahli media mendapat hasil 72% dan dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan dari pengguna (guru) mendapat hasil persentase sebesar 71,11% dan dinyatakan praktis dan uji kepraktisan oleh peserta didik mendapat nilai sebesar 94,84% dan dinyatakan sangat praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan dari PULACA (Puzzle Pelengkap Pecahan) ini mendapat hasil 88% dan dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan ulasan diatas menunjukkan bahwa PULACA (Puzzle Pelengkap Pecahan) yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Media, Pulaca, Pecahan, ADDIE.
References
Parman, (2018). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODA PUZZLE. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(7). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/10587/10121.
Utari, (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(4). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jisd/aticle/view/22311.
Yunita Sri & Supriatna Ucup. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Sri. Frontiers in Neuroscience, 3(1).
Prawismo, S. A., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6846
Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF KUANTITATIF dan R&D. Bandung,2019
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Cendekia, 1(2), 51–63.
Risnawati, R., Wibowo, A., & Bahar, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD di Kabupaten Gowa. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 118. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i2.468
Rumakhit, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis Dan Rantai Makanan Kelas Iv Sekolah Dasar Tahun 2016 / 2017 Development Puzzle As Media in Learning the Types of Symbiosys Identification and Food Cycle for Grad. Simki Pedagogia, 01(02).
Devi Asri. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 417-428
Elan.,L Muiz D.A., Feranis.(2017). PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1).
Abdul wahid. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi), 173–179.
Kuswanto Joko & Radiansah Feri. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Kudsiah, M., & , Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi. Elementary, Jurnal, 3(2), 102–106. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/2431
Miftah M. (2013). FUNGSI DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA. Jurnal KWANGSAN, 1(2).