PENGARUH LAMA WAKTU TUNGGU PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP DOGOL TERHADAP HASIL TANGKAP IKAN SWANGI (Priacanthus Tayenus) DI PERAIRAN BAWEAN

Authors

  • Masifu Ali Universitas PGRI Ronggolawe
  • Suwarsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Perdana Ixbal Spanton Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Lama Waktu Tunggu, Alat Tangkap Dogol, Hasil Tangkap Ikan Swangi

Abstract

Indonesia memiliki potensi sumberdaya pantai, pesisir dan pulau kecil yang relatif besar. Namun demikian potensi yang sangat besar belum dimanfaatkan dengan optimal. Pada saat ini laut digunakan sebagai tempat pembuangan limba dari berbagai kegiatan di darat, yaitu seperti limba domestik dan limba pabrik yang di buang di laut dan sumberdaya alam (utamanya ikan) dan kurang memperdulikan aspek kelestariannya. Selama pembangunan sektor kelautan dan perikanan pada umumnya dan secara khusus pembangunan pesisir, dan pulau kecil kurang begitu mendapat tempat sesuai potensi alam yang ada. (Rokhmin Dahari, 2000). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama waktu tunggu pengoperasian alat tangkap dogol terhadap tangkapan ikan Swangi (Priachantus tayenus) pada tanggal 24 maret sampai 01 April 2018. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi: satu unit kapal yang berukuran 10 GT dengan (panjang kapal 10 m, lebar 4 m dan dalam 1,5 m) untuk mengoperasikan alat tangkap dogol dengan ukuran lebar jaring 5 meter, baik panjang 100 meter, dan persyaratan teknis lainnya, serta alat bantu lain yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Jika F hitung > F tabel 1% maka terdapat perbedaan yang sangat nyata Sehingga H0 Pengaruh lama waktu tunggu terhadap alat tangkap dogol yang berbeda tidak berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan swangi (Priacanthus Tayenus). Sehingga H1 Pengaruh lama waktu tunggu terhadap alat tangkap dogol yang berbeda berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan swangi (Priacanthus Tayenus). Pengaruh Lama Waktu Tunggu 60 menit mendapatkan hasil lebih banyak terutama ikan swangi (Priacanthus Tayenus).

References

Ariyanto, 2009. Clasivication Fishing Vessel and Contruction Building Ship Journal. Media Informasi Perikanan. Jakarta.
Ayodhyoa, 2000 Motode Penangkapan Ikan, Terjemahan Craft and Gear Corespondence Cource Center. Cetakan X. yayasan Sri. Bogor.
Ba1ai Pengembangan Penangkapan Ikan (BPPI). 1999. Perekayasaan Konstruksi dan Penggunaan Umpan Tiruan pada Pengoperasian Bubu. Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan. Semarang.
Damanhuri, 1980. Diklat fishing ground. Bagian teknik penangkapan ikan. Fakultas pertanian dan perikanan universitas brawijaya malang
Dickson, 1959. The Use Of Danish Seine, Modern Fishing Gear Of The World. Japan International Cooperation Agency. Tokyo.
Joesidawati, M.I, 2013. Fisika Oceanografi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Santoso, H. 2012. Pembuatan Alat Tangkap Rawai Dasar (Bottom Long Line) Media Informasi Perikanan Indonesia. Jakarta.
Setianto, 2007. Kapal Perikanan. UNDIP. Semarang
Siswanto, J 2006. Pengaruh Perbedaan Ukuran Mata Pancing Pada Alat Tangkap Alat Tangkap Rawai Dasar (Bottom Long Line) di Perairan Utara Jawa Timur.
Subani, W dan Barus, HR, 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang di Indonesia. No.SO Edisi Khusus. Jurnal Penelitian Perikanan Laut. Balai Penelitian Perikanan Laut. Jakarta.
Supardi Ardidja. 2007. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta. http://www.scribd.com/doc/19583983/Kapal-Penangkap-Ikan. Tanggal 21Desember 2010
Suparmoko, M, 1997. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. (Suatu Pendekatan Teoritis).Ed.2. BPFE. Yogyakarta.
Suprihariyono, 2000. Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang. Jakarta.
Wahyono, A. 2014. Konstruksi dan Bangunan Kapal. Building Ship. Jakarta
Widodo, J dan S. Nurhakim, 2002. Konsep Pengelolaan Sumberdaya Perikanan. Disampaikan dalam Training of Trainers on Fisheries Resource Management. 28 Oktober s/d 2 November 2002. Hotel Golden Clarion. Jakarta.

Additional Files

Published

2019-10-10

How to Cite

Masifu Ali, Suwarsih, & Perdana Ixbal Spanton. (2019). PENGARUH LAMA WAKTU TUNGGU PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP DOGOL TERHADAP HASIL TANGKAP IKAN SWANGI (Priacanthus Tayenus) DI PERAIRAN BAWEAN. Prosiding SNasPPM, 3(1), 195–199. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/215