PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUKK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HUBUNGAN GAYA DAN GERAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANG II KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Siti Umaroh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Model Pembelajaran, Make a Match, IPA, Gaya dan Gerak

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran Kooperatif tipe Make a match dalam pembelajarannya siswa mencari pasangan kartu sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Adapun bahwa ciri utama dari model Make a match adalah dimana siswa diminta menemukan pasangan kartu yang berupa pertanyaan atau jawaban materi terkait dalam pembelajaran. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)  Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Make a match dalam meningkatkan hasil belajar hubungan gaya dan gerak pada siswa kelas IV SD Negeri Sendang II Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Sejauhmana peningkatan hasil belajar Hubungan gaya dan gerak melalui penerapan model pembelajaran Make a match pada siswa kelas IV SD Negeri Sendang II Kecamatan Senori Kabupaten Tuban?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match dalam meningkatkan hasil belajar Hubungan gaya dan gerak pada siswa kelas IV SD Negeri Sendang II Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar Hubungan gaya dan gerak melalui penerapan model pembelajaran Make a match pada siswa kelas IV SD Negeri Sendang II Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023 .

          Penelitian menggunakan model desain Kemmis berdasarkan siklus-siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV  SD Negeri Sendang II Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa kelas 6 anak dan instrunmen yang digunakan pada penelitian ini adalah Dokumentasi/RPP, Observasi, dan Tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan data observasi perbaikan diperoleh peningkatan pemahaman  belajar siswa pada pada pra siklus sebesar 64,1 pada siklus ke-1 sebesar 68,3. Persentase peningkatan dari pra siklus atau sebelum diterapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning  dan setelah diterapkan pada siklus ke-1 adalah sebesar 4,2. Sedangkan pada siklus ke-2 sebesar 89,1. demikian melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning  dapat meningkatkan hasil belajar  pada pembelajaran pra siklus – siklus ke-1 dengan peningkatan sebesar 4,2%. Sedangkan pada pembelajaran siklus 1 – siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,8%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351[4] Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Rusman. (2016). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Bandung : PT Mulia Mandiri Press.

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sugilar, H. (2013). Tujuan hasil belajar. Bandung : Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Azza Salsabila & Puspitasari. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar.

Arikunto, suharsimi, suhardjono, dan Supardi. (2019). Penelitian tindakan kelas. jakarta : PT bumi aksara.

Wardhani. (2014). penelitian tindakan kelas. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Arifin,. Z (2017). Evaluasi pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : alfabeta.

Miftahul huda. (2013). Model- model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka belajar.

SUARDI, M. (2018). HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Yogyakarta: Deepublish

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Umaroh, S., & Mizan, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUKK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HUBUNGAN GAYA DAN GERAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SENDANG II KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN . Prosiding SNasPPM, 8(1), 191–198. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2153