PENGEMBANGAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KAYEN II

Authors

  • Karunia Dwi Utami Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran, Wordwall, Matematika, Balok dan Kubus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media wordwall pada pembelajaran matematika materi balok dan kubus peserta didik kelas IV SDN Kayen II yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze (analisis), design (perencanaan), develompent (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek coba dalam penelitian ini adalah para ahli, guru dan peserta didik kelas IV SDN Kayen II. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli, lembar tes peserta didik, serta lembar respon guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil dari penelitian media wordwall menunjukkan bahwa pengembangan media memiliki kriteria layak untuk digunakan dengan presentase dari ahli materi 76%, ahli media 80%, dan ahli bahasa 80%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil lembar angket respon guru dan peserta didik menunjukkan bahwa pengembangan media memiliki kriteria sangat layak untuk pembelajaran, dengan hasil presentase angket respon guru 92,5% dan angket respon peserta didik 85,5%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa media wordwall valid, efektif, dan praktis.

References

Haudi, Dasar-Dasar Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri, 2020.

Y. Wirda dkk., Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan, 2020.

S. Mashuri, Media Pembelajaran Matematika. Deepublish., 2019.

S. Nurfadhillah, Media Pembelajaran. CV Jejak, anggota IKAPI, 2021.

M. Hasan dkk., Media Pembelajaran, Tahta Media Group, 2021.

M. Suardi, Belajar & Pembelajaran. Deepublish, 2018.

R. Andriany and Warsiman, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD,” Ghancaran J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones, 2022, pp. 406–422.

M. Safitri, Nazliati, and M. N. Rasyid, “Penerapan Media Web Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa,” Al-Ikhtibar J. Ilmu Pendidik, 2022, vol. 9, no. 1, pp. 47–56.

I. Nasaroh dkk., “Pengaruh Penggunaan Media Game Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Pada Pembelajaran Online Kelas Iii Sd Negeri Sitiharjo Garung Tahun Pelajaran 2021/2022,” Braz Dent J, 2022, vol. 33, no. 1, pp. 1–12.

T. G. Pradani, “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Educenter, 2020, vol. 1, no. 5, pp. 452–457.

S. N. Hidayah and T. Prasetyo, “Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., 2022, vol. 5, no. 7, pp. 2632–2635.

T. N. A. Azizah dkk,. “Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa,” 2013, vol. 6, no. 5, pp. 3168–3175.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2019.

T. Rusmayana, Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa. Widina Bhakti Persada Bandung, 2021.

A. Hidayat and I. Irawan, “Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat, 2017, vol. 1, no. 2, pp. 51–63.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Utami, K. D., & Mizan , S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KAYEN II . Prosiding SNasPPM, 8(1), 183–190. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2158