PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN MEDIA VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Yuli Nur Indah Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Strategi Pembelajaran Question Studen Have, Media Video Scribe, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa terutama dalam keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran Ekonomi, sehingga berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa yang belum Optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran Question Student Have dengan Media Video Scribe pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Dr. Musta’in Romly. Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang mengunakan model tiap siklus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan kuesioner. Dalam penelitian ini hasil yang didapatkan cukup baik yakni pada aktivitas guru pada siklus I sebesar 60% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 75%, dan pada siklus III meningkat menjadi 88,75%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,5%, pada siklus II sebesar 77,5%, pada siklus III sebesar 89,9% sehingga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62%, Sklus II 81%, dan Siklus III 90,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dengan media Video Scribe dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

References

Ardana, Yudistira. Tujuan Pembelajaran Ekonomi. (Online) .diakses 16 Februari 2018 Pukul 09:00 http://ardanayudhistira.blogspot.co.id/2012/03/pembelajaran- ekonomi.html
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta
Djamarah, S.B & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Silberman, Melvin. 2014. Active Learning 101 Pembelajaran Siswa Aktiv. Bandung: Nuansa Cendekia
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wibawanto, Novan. Sparkol Video Scribe. (Online). Diakses 20 Februari 2018 Pukul 21:00 https://mohammadnovanwordpr.wordpress.com/2016/05/02/sparkol-videoscribe-video-animasi-keren-dengan-sparkol/
Wulandari, Dyah Ayu. 2016. Pengembangan media pmbelajaran menggunakan sparkol Video Scribe dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Cahaya kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun 2015/2016. (Online) http//:Iib.unnes.ac.id.html., diakses 17 Februari 2018 Pukul 20:00.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Yuli Nur Indah Sari, & Dumiyati. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN MEDIA VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 189–194. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/216