ANALISIS TINGKAT KEVALIDAN LKPD BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BAHASA
DOI:
https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2162Keywords:
validitas, LKPD, Literasi, LKSAbstract
Kemampuan literasi menjadi kemampuan penting yang harus dikuasai oleh peserta didik sebagai keterampilan utama untuk menghadapi gelombang transformasi di abad 21. Salah satunya yaitu kemmapuan literasi bahasa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, kemampuan literasi bahasa peserta didik di Sekolah Dasar masih rendah. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan ajar yang kurang efektif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Reserch and Development(R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis kevalidan yang dilakukan peneliti diukur dari penilaian validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah 1) tingkat validitas ahli materi dinyatakan sangat valid dengan hasil presentase 94%, 2) tingkat validitas ahli media dinyatakan sanagt valid dengan hasil presentase 80%, 3) tingkat validitas ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan hasil presentase 96,7%. Berdasarkan hasil kevalidan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan peneliti dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
References
“View of Komunikasi Pembelajaran.” https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/259/1335 (accessed Aug. 01, 2023).
M. A. Setiawan, Belajar dan Pembelajaran - M. Andi Setiawan, M.Pd - Google Buku. Uwais Inspirasi Indonesia, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=CPhqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA185&dq=Setiawan,+M.+A.+(2017).+Belajar+dan+Pembelajaran.+Ponorogo:+Uwais+Inspirasi+Indonesia.&ots=mWHxMEGSGl&sig=yttSfwrrmdSwD7dqZdstXiPgXO8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
D. G. S. Harahap, F. Nasution, E. S. Nst, and S. A. Sormin, “Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar,” J. Basicedu, 2022, [Online]. Available: https://scholar.archive.org/work/yoo7ghqtfbbatnuqumge24a7qe/access/wayback/https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2400/pdf
R. Yulia et al., “Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini,” Univ. Negeri Padang, vol. V, no. 1, pp. 2549–8371, 2021, doi: 10.29313/ga.
“View of PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.” https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1502/1017 (accessed Aug. 01, 2023).
K. Teori, D. Hasil, P. Pendidikan, S. Dasar, P. Guru, and R. Artikel, “Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar,” journal.ummat.ac.id, vol. 5, no. 2, pp. 153–158, 2022, doi: 10.31764/elementary.51i2.8874.
“Pengembangan Bahan Ajar - Dr. E. Kosasih, M.Pd. - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=UZ9OEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=bahan+ajar&ots=Wp8yTtR5jA&sig=EvAZ3AzJMe66ASTm9rVzMs0GyrM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (accessed Apr. 07, 2023).
R. Effendi, H. Herpratiwi, and S. Sutiarso, “Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 920–929, Mar. 2021, doi: 10.31004/BASICEDU.V5I2.846.
F. Wijayanti, A. Widiyatmoko, D. Januari, and Alamat, “PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA TEMA ENERGI DAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA,” Unnes Sci. Educ. J., vol. 4, no. 1, Mar. 2015, doi: 10.15294/USEJ.V4I1.4987.
F. Wahyuningsih, S. Saputro, and D. S. Mulyani, “PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK HIDROLIS GARAM UNTUK SMA/MA,” Paedagogia, vol. 17, no. 1, pp. 94–103, 2014, Accessed: Aug. 01, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/5486
Y. W. Lestari, H. Hairida, R. P. Sartika, E. Enawati, and R. Muharini, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Koloid,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5342–5351, Jun. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3227.
M. 2013 Khakim, “PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERORIENTASI LIFE SKILL BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) - Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12165/ (accessed Aug. 01, 2023).
16:71 Suryanti, “Garuda - Garba Rujukan Digital.” https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1289617 (accessed Aug. 01, 2023).
Oleh, “RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D) SEBAGAI SALAH SATU MODEL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN”.
I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL,” J. IKA, vol. 11, no. 1, Mar. 2013, doi: 10.23887/IKA.V11I1.1145.
K. Q. Al Mutmainnah, H. Hermansyah, and M. Marleni, “Pengembangan Media Pembelajaran Roulette Bingo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 352–358, Jul. 2022, doi: 10.31004/JPDK.V4I4.5232.