PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS III SDN 03 WORO

Authors

  • Rohanna Widya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

telegram, viral, celebgram, implementasi, penggunaan aplikasi tiktok,, Kajian Estetika Tembang Macapat Dalam Sastra Lisan Jawa., Abrasi Pantai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran Pop Up Book yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 03 Woro. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah penelitian yaitu: (1) Analisis (Analyze); (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) implementasi (implementation); dan (5) evaluasi (evaluation). Instrumen ini yang dibuat menggunakan instrumen angket (kuesioner) untuk validator, respon guru dan respon siswa. Aspek yang dinilai untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, kepraktisan media Pop Up Book. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap validasi yang diperoleh dari data kualitatif berupa kritik, saran dan tanggapan validator dalam memperbaiki media Pop Up Book. Data kuantitatif di peroleh dari penilaian produk tingkat kelayakan, kemenarikan dan kepraktisan media. Hasil penelitian di dapatkan dengan persentase 91,5% untuk validasi ahli media dinyatakan sangat layak, persentase 73,4% untuk validasi ahli materi dinyatakan menarik dan 87,5% untuk validasi ahli bahasa yang dinyatakan sangat layak. Hasil ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan layak dan siap digunakan dan dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif untuk siswa kelas III SDN 03 Woro.

 

Kata Kunci: pengembangan media;  pop up book; kelayakan.

References

Andung, M. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran konvensional Pop up Book materi pokok daur hidup untuk siswa kelas IV SD Negeri Kalasan 1. Skripsi. Universitas Yogyakarta.

Cahyadi, A. (2019). Sumber belajar dan Media Pembelajar. Serang: Laksita.

Cahyani, D. D., & Sari, M. M. K. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73–86. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2823839&val=25323&title=PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI

Hasanudin, Cahyo, Novi Mayasari, Kundharu Saddhono, D. N. (2021). Penerapan Microsoft Paint dalam Membuat Media 3D Kolaborasi Pop-Up dan Movable Book Cahyo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054

Herawati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 32. http://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/90

Indrayanti, R. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(5), 1–13.

Jabri, U., Sukaryadi, A., Andika, Amin, S. Y., Arni, Pairi, M. S., Faika, N., M, N. I., Supri, Yuneda, Mahmud, Misna, Sumi, Rosminah, & Elihami. (2020). Media Pembelajaran Pop Up Book Kelas V SDN 181 Curio Yang Kreatif Dan Inovatif. Maspul Journal Of Community Empowerment, 2(2), 34–39. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/784

Kartikasari, F. D., & Susilobowo. (2016). Pengembangan Modul Paket Program Pengolah Angka/ Spreadsheet Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ponogoro. Jurna Pendidikan Akuntansi, 4(3), 3.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. In H. S. Abadi (Ed.), Media Pembelajaran. Jember: CV PUSTAKA ABADI.

Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Putriawati, W., & Ramdhayani, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI (Z. Alfuad (ed.)). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2022). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2 : TEORI DAN PRATEK. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute Perum Sekar Indah II.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8431

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prasetyo, H., Sari, D. P., Syukriana, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika (I. S. Mustasyifah (ed.)). Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Widya, R., & Mizan, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS III SDN 03 WORO. Prosiding SNasPPM, 8(1), 166–174. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2163