ANALISIS TINGKAT VALIDITAS MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV

Authors

  • Sinta Mahiria Restu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik, salah satunya adalah karakter rasa ingin tahu dan gemar membaca. Karakter ingin tahu merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dan sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. Karakter gemar membaca merupakan kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebijakan bagi dirinya. Bedasarkan observasi karakater rasa ingin tahu dan gemar membaca peserta didik masih rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media Scrapbook berbasis pendidikan karakter pada materi keragaman budaya Indonesia untuk peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg&Gall. Analisis data kevalidan yang dilakukan oleh peneliti adalah validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil dari validitas ahli materi dinyatakan sangat valid dengan hasil presentase sebesar 94%, pada validitas ahli media dinyatakan sangat valid dengan hasil presentase sebesar 83%, dan pada validitas ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan presentase 97%. Bedasarkan dari hasil validasi dapat dikatakan bahwa media Scrapbook yang dikembangkan peneliti dinyatakan sangat valid, dan siap digunakan untuk proses pembelajaran.

 

References

R. dan Hanik, “Penerapan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Nilai Keislaman pada Pembelajaran PPKn Kelas II MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus,” Paedagog. J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 4, no. 01, pp. 65–79, Jan. 2023, doi: 10.52593/pdg.04.1.05.

W. dan Koeswanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5100–5111, Oct. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1600.

H. dan Jacobus, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan,” pp. 25–29, 2016.

Ainissyifa, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam,” 2015, [Online]. Available: www.journal.uniga.ac.id

Khamalah, “Penguatan pendidikan karakter di madrasah [Strengthening character education in madrasas],” Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 200–215, 2017, [Online]. Available: http://jurnalkependidikan.iainpurwokerto.ac.id

Mustaqim, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, p. 174, 2016.

M. Ari Syahrial, “Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Aktif Di Kelas,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 7, no. 02, pp. 514–522, 2022, doi: 10.36989/didaktik.v7i02.240.

Suparlan, “PERAN MEDIA DALAM PEMBEAJARAN DI SD/MI,” J. Keislam. dan Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 298–311, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

H. dan Bahri, “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai,” 2022.

V. Dkk, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD N TAMAN SARI 01 PATI,” vol. 2, no. 1, p. 2019, 2019.

D. dan Rina, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATERI KARANGAN DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR,” 2018, [Online]. Available: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

A. Dkk, “Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri,” J. Pendidik. (Teori dan Prakt., vol. 3, no. 1, p. 57, Oct. 2018, doi: 10.26740/jp.v3n1.p57-67.

Sugiyono,(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Amirzan, “Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V,” vol. II, no. 2, pp. 157–163, 2018.

P. W. Firmansayah, R. S & Rusimanto, “Kepraktisan Modul Pembelajaran Human M achine Interface Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Liatrik Di SMK Negeri 3 Jombang.” 2020.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Mahiria Restu, S., & Wiratsiwi, W. (2023). ANALISIS TINGKAT VALIDITAS MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV. Prosiding SNasPPM, 8(1), 158–165. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2168