KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARAWA (APLIKASI AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Multimedia Interaktif, Arawa, Membaca aksara

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) untuk pembelajaran membaca aksara Jawa di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dikembangkan yaitu metode penelitian pengembangan yang terdiri atas empat tahapan yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi serta uji coba. Hasil pengembangan berupa multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk aplikasi aksara Jawa yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Hasil uji kelayakan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) oleh ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 3,6 dan termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 3,3 dan termasuk dalam kategori layak. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) diperoleh skor rata-rata sebesar 3,6 dengan kategori sangat layak. Sehingga berdasarkan penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI) Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media
Hadiwirodarsono. 2010. Belajar Membaca dan Menulis Aksara Jawa. Surakarta: Kharisma.
Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva Press.
Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 19 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib Di sekolah/Madrasah.pdf
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2008. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Wijayanti, Hesti Astria dan Hakim, Fitro Nur.2012.Media Pembelajaran interaktif Aksara Jawa Berbasis Flash. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2),21-29.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Wendri Wiratsiwi. (2018). KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARAWA (APLIKASI AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 3(1), 184–188. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/217