MODEL PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Usep Supriatna Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Model, Pendidikan Karakter, Pembelajaran aktif, kreatif, efektif

Abstract

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) bab II pasal 3 dinyatakan: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab” .Dengan demikian, nilai-nilai karakter bangsa senantiasa melekat dalam cita-cita pendidikan nasional serta pendidikan karakter sudah menjadi bagian integral dari pendidikan nasional, bahkan secara historis kurikuler, ada sejumlah mata pelajaran yang khusus mengemban misi pendidikan nilai-nilai karakter, yakni Pendidikan Moral Pancasila, Pendidikan Budi Pekerti, Pendidikan Agama serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunanakan metode kualitatif research, deskriptif analitis yang dilakukan di beberapa sekolah dasar di lingkungan kabupaten Tuban, serta peran masyarakat dalam pembentukan karakter tersebut. Melalui hal tersebut diharapkan dapat ditemukan beberapa hasil penelitian yang telah ditetapkan dalam permasalahan dan rumusan masalah yang ada. Juga diharapkan dapat ditemukan Model Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Tuban yang bisa bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Tuban khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Adapun masalah yang akan diteliti meliputi, bagaimana menciptakan lingkungan sekolah dasar yang dapat memfasilitasi pembentukan dan perkembangan karakter siswa secara edukatif? Atas dasar itulah, perlu adanya model pembudayaan nilai luhur dan karakter di persekolahan, khususnya pada jenjang SD, dengan harapan siswa dapat memahami, mampu melaksanakan, serta terbiasa melaksanakan nilai luhur dalam kehidupan. Lebih lanjut dalam penelitian ini akan mengkaji dan membahas mengenai bagaimana .Pendidikan Karakter melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem), pendidikan karakter melalui kegiatan ekstra kurikuler, pendidikan karakter melalui budaya sekolah, pendidikan karakter melalui peran serta masyarakat.

References

Bahmuller, C.E. (1996). The Future of Democracy and Education for Democracy, Calabasas: Center for Civic Education (CCE)
Bartens, K. (2000) Etika, (Cet. ke-lima). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Calne, Donald, B. (2004) Batas Nalar, Terjemhan Cuk Anant. Jakarta: Gramedia
Center for Indonesian Civic Education (CICED). (1999). Concluding Remarks: Conference on Civic Education for Civil Society. Bandung.
…….(2000). Concluding Remarks: Seminar on The Needs-Assessment for New Indonesian Civic Education, Bandung.
…….(2000). Panduan “Proyek Kewarganegaraan…Kami Bangsa Indonesia” (PKKBI), Bandung.
Cohen, Stanley (1972) Folk Devils and Moral Panics; The Creation of the Mods and Rockers. London: McGibbon & Kee,
Comb, Arthur, W. (1978). Affective Education or None At All, Values Education Journal.
Delors, Jacques, (1996) Education The Necessary Utopia, dalam Learning The Treasure Wthin, Paris, UNESCO
Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Pedoman Pendidikan Budi Pekerti pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Buku I. Jakarta: Depdiknas.
…….(2001). Pedoman Penciptaan Suasana Sekolah yang Kondusif dalam Rangka Pembudayaan Budi Pekerti Luhur bagi Warga Sekolah. Buku II. Jakarta: Depdiknas.
…….(2007). Kerangka Acuan Pembudayaan Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKn. Jakarta: Depdiknas
…….(2007). Penataan Suasana Sekolah Melalui PNP. Jakarta: Depdiknas
………(2010) Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta,Kemendiknas.
………(2011). Grand Design Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Menyeluruh, Jakarta, Kemendikbud.
Djahiri, A.K., dkk. 1998. Analisis Temuan Penelitian Pandangan Guru PPKN SLTP dan SMU Negeri di Jawa Barat serta Implementasinya terhadap Pembaharuan Kurikulum PPKn 1994, Bandung: Lab PPKN IKIP.
………(1995). Dasar-Dasar Umum Metodologi dan Pengajaran Nilai-Moral VCT. Bandung: Lab PMPKN FPIPS UPI Bandung
Djiwandono, Sri Esti Wuryani (2004) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Usep Supriatna. (2018). MODEL PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 3(1), 169–183. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/218