PENGEMBANGAN MEDIA KAPAS (KARTU PASANGAN) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vinka Ayu Hayik Fitria Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2185

Keywords:

Media Kartu Pasangan, Tingkat Kevalidan, Tingkat Kepraktisan, Tingkat Keefektifan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, yaitu media KAPAS (Kartu Pasangan) pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV. Tujuan peneliti melakukan pengembangan media KAPAS (Kartu Pasangan) yaitu untuk mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan dari media KAPAS (Kartu Pasangan). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media KAPAS (Kartu Pasangan) yang dikembangkan memiliki kriteria valid untuk digunakan dengan persentase untuk ahli materi 97%, ahli bahasa 80%, dan ahli media 75%. Hasil persentase yang diperoleh dari angket respon guru adalah 80% dan hasil persentase untuk angket respon siswa adalah 83,22% dengan kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Dan berdasarkan hasil tes siswa yang dilakukan pada uji coba menghasilkan persentase 84,35%. Dengan demikian media KAPAS (Kartu Pasangan) ini dapat dikatakan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Media Kartu Pasangan, Tingkat Kevalidan, Tingkat Kepraktisan, Tingkat Keefektifan

 

References

Anggraini, F., & Lestari, P. (n.d.). P r o s i d i n g S e m i n a r N a s i o n a l S a i n s Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).

Menjadi, ", Pembelajar, G., & Sundari, F. (2017). Prosiding Diskusi Panel Pendidikan PERAN GURU SEBAGAI PEMBELAJAR DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK USIA SD.

Negeri, S., & Selatan, S. (n.d.). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Arianti.

Budiarsa, N. A., Kunci, K., & Kartu, : (n.d.). Pengembangan Media KAPAS (Kartu Pasangan) PENGEMBANGAN MEDIA KAPAS (KARTU PASANGAN) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V..

Dr. Ani Cahyadi, M. P. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur (A. I. Syauqi, Ed.). Penerbit Laksita Indonesia.

Marhamah, M., Lovina, E., & Frasandy, R. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kapas (Kartu Pasangan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 42-47.

Sugiyono. (2009). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF (MIE) MATA KULIAH KURIKULUM DAN PENGAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

Khairul Basyar, M., Pendidikan, M., Islam, A., Sunan, U., & Surabaya, A. (2020). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI MODEL ADDIE DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL, SIDOARJO (Vol. 11, Issue 1). http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Candra Syahputra Mahasiswa Magister Pendiidkan Agama Islam Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, M. (n.d.). PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DALAM MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KOMPUTER DI SMP YAPITA SURABAYA Development of ADDIE Model in Computer Based PAI Learning Media in SMP YAPITA Surabaya (Vol. 07, Issue 2).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Penelitian, J. I., Sobron, O., Nugraha, A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (n.d.). STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV.

Puspa Sa, N., & Rosy, B. (n.d.). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. 5(2), 2021.

Sulistiyono, N., Perdana, F. W., Irwan, I., Tungkup, D. L., & Miran, M. (2022). Implementasi Barang Bukti Petunjuk Oleh Hakim dalam Menjatuhkan Putusan Tindak Pidana Pembunuhan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(10), 1424-1432.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Hayik Fitria, V. A., & Sumadi, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KAPAS (KARTU PASANGAN) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 8(1), 658–667. https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2185