PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN MEDIA MONOPOLI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Monopoli Ular Tangga, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan respon siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Media Monopoli Ular Tangga, 2) Untuk mendiskripsikan respon siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan Model Pembelajaran TGT dengan Media Monopoli Ular Tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi segi empat setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Media Monopoli Ular Tangga dari setiap siklusnya dengan rata-rata pada siklus I sebesar 64, pada siklus II meningkat menjadi 70,64, dan pada siklus III juga meningkat menjadi 88,32. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan model model pembelajaran kooperatif TGT dengan media monopoli ular tangga adalah dengan persentase respon positif sebesar 91,53%, maka dapat dikatakan bahwa respon siswa adalah positif.
References
Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Filsafat, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia.
Sohimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 20013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda
Syarifah, Ety. 2009. Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Semarang : Bandungan Institut
Suarjana. 2000. Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Vol 3 No1. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Komunikasi (PTIK).(online). http://www.scribd.com/doc/31253549/Teams-Game-Tournament.Scribd. Universitas Sebelas Maret Surakarta, diakses 9 Mei 2018
Hidayat, Sain.2015. Implementasi Guided DiscoveryDengan Media LKS Berkode Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Sarjana Unirow Tuban.