PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI

Authors

  • Siti Elisa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pendekatan scientific learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan scientific learning pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran Akuntansi Keuangan dengan pendekatan scientific learning di kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 2 Tuban. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistic deskriptif per siklus. Dalam penelitian ini hasil yang didapatkan cukup baik yakni pada aktifitas belajar siswa pada siklus I 52,2% dengan kategori cukup efektif, meningkat pada siklus II yakni 62,2% dengan kategori cukup efektif, dan pada siklus III menjadi 84% dengan kategori aktif. Pada kemampuan berpikir kritis siswa, presentase siklus I 31,4% dengan kategori kurang baik, meningkat pada siklus II yakni 91,4% kategori sangat baik, dan pada siklus III menjadi 94,2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 77,1% dengan kategori tinggi, meningkat pada siklus II dengan presentase 85,7% dengan kategori sangat tinggi dan pada siklus III menjadi 94,2% dengan kategori sangat tinggi. Respon siswa secara keseluruhan juga mendapat hasil positif dengan presentase sebesar 95,7% dalam kategori sangat baik.

References

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dadang. 2014. Pengertian dan definisi saintifik. (Online), http://dadangjsn.blogspot.com/2014/06/pengertiandefinisipendekatansaintifik.html) diakses 26 Februari 2018.
Sumar, Warni, Tune. & Razak, Intan, Abdul. 2016. Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Yogyakarta: deepublish.
Sani,A.R. 2014. Pembelajaran untuk Implementasi 2013. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Salsabiel, Andrias. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kebugaran untuk Meningkatkan Partisispasi Siswa Mengikuti Aktifitas Pembelajaran Kebugaran dalam Pendidikan Jasmani. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.
Isnainy. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Kamilah,Ilmi. 2013. Penerapan Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Agustina, Riza. Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Cipedes. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Pasundan.
Marviyanasari, Siska. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Model Mind Mapping. Tesis Tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Widoretno, Sri. Peningkatan Kualitas Proses Belajar Melalui Penggunaan Suplemen Hasil Penelitian pada Topik yang Diajarkan pada SMA Tahun Pelajaran 2009. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Siti Elisa, & Dumiyati. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 158–163. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/220