PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN ANGKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mega Dwi Purnawati Universitas Ronggolawe Tuban
  • Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media pembelajara, papan angka, valid, praktis, efektif

Abstract

Pengurangan merupakan bagian dari materi matematika kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu berupa media papan angka. Peneliti memiliki tujuan dalam melakukan pngembangan media papan angka ini yaitu, untuk mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan. Pada pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan jenis model ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, Analyze (Analisis), Design (Desain), Devlop (Pengembangan), Implement (Implemntasi), Evaluate (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan validasi ahli. Adapun hasil observasi uji coba yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang berbeda pada setiap peserta didik. berdasarkan uji kevalidan media papan angka diperoleh kriteria valid, kemudian berdasarkan uji kepraktisan diperoleh kriteria sangat praktis, dan berdasarkan uji keefektifan diperoleh kriteria efektif. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan angka ini valid, praktis dan, efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika kelas 1 Sekolah Dasar.

References

K. Kasmin, “Efektifitas Penggunaan Papan Bilangan Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas III UPT SDN 193 Mandalan,” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2022.

U. Setiawan et al., Media Pembelajaran. Penerbit Widina, 2022.

Kamaladini, “Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Tema 7 Sub Tema 2 Pembelajaran 5 di Kelas I Sekolah Dasar,” Universitas Muhammadiyah Mataram, 2021.

M. Nugraha, “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Pembelajaran,” in Tarbawi Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2018, vol. 4, no. 1, pp. 27-44.

I. Junaedi, “Proses Pembelajaran yang Efektif.,” in JISAMAR (Journal of Information, System, Applied, Management, Accounting, and Research), 2019, vol. 3, no. 2, pp. 19-25.

I. Anugraheni, “Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar,” in Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2017, vol. 4, no. 2, pp. 205-212.

I. Lestari, “Pengembangan Papan Kartu Hurgama (Huruf Gambar Angka) Pada Tema Diriku Untuk Siswa Kelas I di Sekolah Dasar,” Universitas Muhammadiyah Mataram, 2021.

S. Rahmah, “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berhitung Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Al Qodir Wage Taman Sidoarjo,” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2020.

C. M. Suryanti, “Pengembangan Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 2021.

T. Rahman, D. A. M. L, and E, Enita, “Pengembangan Media Papan Angka Berpasangan Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” in Jurnal PAUD Agapedia, 2022, vol. 6, no. 1, pp. 135-146.

Suwardi, M. E. Firmiana, and Rohayati, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini,” in Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2014, vol. 2, no. 4, pp. 287-305.

I. Magdalena, H. N. Fauzi, and R. Putri, “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya” in Jurnal Pendidikan dan Sains, 2020, vol. 2, no. 2, pp. 244-257.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, 2018.

W. Aulya, Aprilianti, E. Afiati, and M. D. Nurmala, “Pengembangan Modul Keterampilan Manajemen Waktu Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa,” in Jurnal Syntax Admiration, 2022, vol. 3, no. 5, pp. 711-724

C. D. Reswita, “Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, 2022.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Purnawati, M. D., & Sumadi. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN ANGKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SEKOLAH DASAR . Prosiding SNasPPM, 8(1), 111–119. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2209