PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI PENGGUNAAN BUTIR SOAL HOTS

Authors

  • Rina Mahmudati Universitas Sains Al-Quran Wonosobo
  • Luluk Alawiyah Universitas Sains Al-Quran Wonosobo

Keywords:

visual spasial, HOTS, geometri

Abstract

Kecerdasan visual spasial diperlukan dalam ber-matematika, khususnya pada sub bab geometri ruang. Dimana pada materi ini dibutuhkan kemampuan dalam lingkup memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual keruangan, sehingga membutuhkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi atau disebut dengan HOTS (High Order Thinking Skill). Kajian ini akan membahas mengenai peningkatan kemampuan visual spasial ditinjau dari penerapan butir soal HOTS. Metodologi yang digunakan adalah eksperimen semu dengan mengelompokkan 2 kelas menjadi subyek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 32 dan 33 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu tes kemampuan visual spasial (pretest dan posttest) dan tes butir soal HOTS pada materi geometri ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan visual spasial siswa yang menerapkan butir soal HOTS meningkat secara signifikan sebesar 4219, dari 9,344 menjadi 13,563. Sedangkan rerata skor post test pada kelas eksperimen yaitu 13,563 lebih tinggi sebesar 3,169 dibanding kelas kontrol hanya 10,369. Hasil penelitian nantinya digunakan sebagai masukan pada pendidikan matematika bahwa membiasakan siswa untuk menyelesaikan butir soal HOTS materi geometri ruang dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial siswa.

References

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Kumalasari, Ellisia. 2011. Analisis Tingkat Kognitif Pertanyaan Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Pokok Bahasan Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi Bloom. http://digilib.unej.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=gdlhub-gdl-ellisiakum-7239. Diakses 1 Februari 2017
NCTM, Geometry, Spatial reasoning, and Measurement. http://www.nctm.org/handlers/aptifyattachmenthandler.ashx. Diunduh tanggal 1 Februari 2017
Nishitani,Izumi. 2009. High Level Mathematical Thinking: Experiment With High School and Under Graduate Students Using Various Approaches and Strategies.https://gair.media.gunma_u.ac.jp/dspace/bitstream/10087/513/1/30_Nishitani.pdf. Diakses 1 Februari 2017
Nur Rochmah Lailly, Asih Widi Wisudawati. 2015. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia Vol. XI No. 1, April 2015/1436. ISSN 1829-5266
Rosnawati, R. 2012. Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (Makalah). http://staff.uny.ac.id, Diakses 20 Januari 2017
Ronis, Diane. 2009. Pengajaran Matematika Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta Barat: PT Macananan Jaya Cemerlang
Thompson, Tony. 2008. An Analysis of Higher Order Thinking on Alge ra I End-of Course Tests.
www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/thompson.pdf. Diakses 20 Januari 2017

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Rina Mahmudati, & Luluk Alawiyah. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI PENGGUNAAN BUTIR SOAL HOTS. Prosiding SNasPPM, 3(1), 153–157. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/221