RANCANG BANGUN ALAT PENGGORENGAN UNTUK PENYARINGAN LIMBAH DARI PENGGORENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Authors

  • M ALFI NURHADI universitas ronggolawe
  • Anggia Kalista Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kata Kunci: proses penggorengan, permasalahan, desain eksperimen, Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ), komponen pengembangan produk

Abstract

ABSTRAK

Dunia bisnis saat ini sangatlah berkembang khususnya pada bidang makanan dengan cara produksinya menggunakan proses penggorengan, banyak juga permasalahan yang dialami pada proses penggorengan, tingkat kematangan produk yang tidak konsisten dan penyaringan residu yang masih tertinggal sehingga membuat minyak cepat menghitam, sehingga menjadi tidak efektif pada saat penggerjaan, bedasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk perancangan ulang alat penggorengan dengan penambahan komponen pendukung agar proses produksi dapat menghasilkan produk yang baik serta konsisten dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengidentifikasi kebutuhan yang di inginkan dari perkerja, untuk meminimalisir kegagalan yang akan terjadi dalam menggunakan metode House Of Quality (HOR) dan menggunakan desain eksperimen hasil rancangan yang akan ditambahkan pada alat penggorengan yaitu timer,thermostart suhu,detector gas dan kemudahan dalam penyaringan limbah residu.

Dari hasil penelitian dapat diperoleh dari hitungan rancangan perbaikan menggunakan HOR dengan menghitung matriks perencanaan dan QFD spesifikasi yang ditambahkan bahan stainless steel dan besi, kadar panas minyak menggunakan thermostart, alat pendeteksi kebocoran gas, mudah dalam penggunaan, kuat dan kokoh, mudah dibersihkan, aman saat digunakan, sehingga dengan tambahan komponen ini cukup untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses penggorengan  

 

Kata Kunci: proses penggorengan, permasalahan, desain eksperimen, Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ), komponen pengembangan produk

References

DAFTAR PUSTAKA

Adi AFR, YOESTINI Y. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang).

Amalia N. 2019. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). J Stud Manaj Dan Bisnis. 6(2):96–104.

Anwar I, Satrio B. 2015. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. J Ilmu dan Ris Manaj. 4(12).

Effendi U. 2015. Analisis Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Ind J Teknol dan Manaj Agroindustri. 4(1):41–52.

Fatihudin D, Firmansyah A. 2019. Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). [place unknown]: Deepublish.

Halin H. 2018. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan semen baturaja di palembang pada pt semen baturaja (PERSERO) Tbk. J Ecoment Glob. 3(2):79–94.

Harsanto B. 2017. Dasar ilmu manajemen operasi. [place unknown]: Unpad press.

Haryanto D, Nawansih O, Nurainy F. 2013. Penyusunan draft Standard Operating Procedure (SOP) pengolahan keripik pisang (studi kasus di salah satu industri rumah tangga keripik pisang Bandar Lampung). J Teknol Ind Has Pertan. 18(2):132–143.

Lestari A A. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap word of mouth dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pengunjung Timezone Plaza Surabaya). Bul Ekon. 2(1):1–26.

Mudawamah AS. 2017. Strategi Pemasaran Produk (aqiqah) ditinjau dari Syariah Marketing (studi kasus di Nurul Hayat Cabang Kediri).

Nursubiyantoro E, Puryani P. 2016. Perancangan sistem penelusuran Alumni (tracer study) berbasis web. Opsi. 9(2):85–92.

Purnomo RA. 2016. Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. [place unknown]: Ziyad Visi Media.

Suryati L. 2015. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. [place unknown]: Deepublish.

Utami E. 2018. Perancangan desain kemasan produk olahan coklat “COKADOL” dengan Metode Quality Function Deployment. JISI J Integr Sist Ind. 5(2):91–100.

Zakaria M, Kamal M, Syukriah S. 2020. Perancangan Alat Press Biji Melinjo Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Ind Eng J. 9(1):19.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

NURHADI, M. A., & Kalista, A. (2023). RANCANG BANGUN ALAT PENGGORENGAN UNTUK PENYARINGAN LIMBAH DARI PENGGORENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Prosiding SNasPPM, 8(1), 88–100. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2218