PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rifa’atul Maulani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

model pembelajaran missouri mathematics project, media kertas origami, hasil belajar matematika siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model missouri mathematics project dengan media kertas origami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Instrumen yang diguakan adalah lembar aktivitas siswa, lembar aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran missouri mathematics project dengan media kertas origami mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari kriteria aktivitas siswa pada siklus I, II dan III efektif. Kriteriaa aktivitas guru pada siklus I, II dan III cukup efektif. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I, II dan III adalah 61,03, 73,19 dan 85,30.

References

Sudjana. Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Widdidharto, Rachmadi. 2004. Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Naasional Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPP) Matematika.
Kurniasari. Vita Heprilia Dwi; Susanto; Setiawan, totobroto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa kelas X SMK Negri Balung Semester Ganjil tahun Ajaran 2012/2014. Pancaran. Vol. 4. No 2. Hal 153-162. Mei 2015. (Online). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1559., Diakses pada 14 Februari 2018
Rohmania. Devi; Nissa. Ita Chairun; Juliangkari. Eliska. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Segitiga Dikelas VII A SMPN 17 Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014. (Online). http://lppm.ikipmataram.ac.id., diakses pada 14 Februari 2018.
Wulandari, Maria Ni Luh Esty; Kusmariyatni. Nym; Suarjana. Md. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mthematics Project terhadap kemampuan pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas IV sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha.(online), https://ejournal.undiknesha.ac.id/index.php/JJPGSD/acticle/view/1489. Di akses 01 Maret 2018
Ilyas, Muhammad. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Misssouri Mathematics Project dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Tuban. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UNIROW.
Vidiyanto. Andi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training dengan Pengubinan Bordir Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi tidak diterbitkan, Tuban. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UNIROW.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Rifa’atul Maulani, & Puji Rahayu. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN MEDIA KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding SNasPPM, 3(1), 148–152. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/222