PRAKTIKALITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II

Authors

  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe
  • Eryawan Deise Ulul Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Konstruktivisme, LKM, Kapita Selekta Matematika II

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari Rahayu (2017) dengan judul validitas LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika II materi trigonometri memenuhi kualifikasi valid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II materi trigonometri yang praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design) c) pengembangan (develop) dan d) penyebaran (desseminate). Namun dalam penelitian ini lanjutan dari penelitian sebelumnya hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dengan uji kepraktisan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian dari penggunaan LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II materi trigonometri untuk kemampuan dosen mengelola pembelajaran diperoleh skor rata-rata 4,45 dengan prosentase 89 % dengan kriteria sangat tinggi sehingga hasil yang diperoleh sangat baik. Berdasarkan angket respon mahasiswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) diperoleh rata-rata 3,85 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika II materi trigonometri memenuhi kualifikasi praktis.

References

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung
Tasfirani.2008.Pengembangan CLD Berbasis Teknologi dalam Kemasan CD Interaktif pada Materi Geometri. Pasca Sarjana UNNES
Farianti, G., Zulfaneti, & Sovia, A. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Kontruktivisme pada Materi Kaidah Pencacahan untuk Siswa Kelas XI IS SMAN 3 Lengayang, (Online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=316966&val=6304&title=PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KEGIATAN%20SISWA%20(LKS)%20BERBASIS%20KONSTRUKTIVISME%20PADA%20MATERI%20KAIDAH%20PENCACAHAN%20UNTUK%20SISWA%20KELAS%20XI%20IS%20SMAN%203%20LENGAYANG
Nurhasnawati. 2011. Model-model Pembelajaran Kontruktivisme, (Online),http://download.portalgaruda.org/article.php?article=275455&val=7159&title=MODEL-MODEL%20PEMBELAJARAN%20KONSTRUTIVISME
Rochmad. (2011). Model Pengembangan Perangkat Matematika. Diambil dari http://www.scribd.com/doc/78603233/Desain-Model-an pada 31 Maret 2012.
Trisyanto. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif. Diambil dari http://trisdyanto-pembelajaran-mat.blogspot.com/2009/04/pengembangan-perangkat-pembelajaran.html pada 31 Maret 2012

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Rahayu, P. ., & Eryawan Deise Ulul. (2018). PRAKTIKALITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II. Prosiding SNasPPM, 3(1), 143–147. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/223