GUIDED EXPERIMENTS BOOK BERBASIS SETS (SCIENCE ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MEMBERDAYAKAN SCIENCE PROCESS SKILL SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Pinkan Amita Tri Prasasti Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni Listiani Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Guided Experiment Book, SETS, Science Process Skill

Abstract

Guided Experiment Book berbasis SETS merupakan buku panduan untuk siswa dalam melaksanakan kerja ilmiah.Tujuan penelitian untuk memberdayakan Science Process Skill melalui Guided Experiment Book berbasis SETS. Penelitian ini melibatkan 50 siswa kelas V yang terbagi dalam 2 kelompok meliputi 25 siswa pada kelompok intervensi dan 25 siswa pada kelompok kontrol. Kegiatan dilakukan selama kurun waktu 3 bulan diluar kegiatan sekolah. Pemberdayaan SPS dilihat dari meningkatnya hasil sebelum dan sesudah penerapan Guided Experiment Book berbasis SETS. Guided Experiment Book berbasis SETS membantu siswa untukmemberdayakan SPS melalui tahapan kegiatan invitasi, eksplorasi, pemecahan masalah, aplikasi konsep dan menyimpulkan. Tahapan tersebut merupakan kegiatan yang membiasakan siswa untuk mempelajari konsep melalui proses dan mengaplikasikan teknologi yang berwawasan lingkungan.Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Guided Experiment Book berbasis SETS dapat memberdayakan SPS siswa sekolah dasar.

References

Bigbee, A.F., Curtiss, J.A., Litwin, L.S. & Harkin, M.T. (2010). Multi-Agency C2 Experiment Lifecycles: The Collaborative Experimentation Environment as a Case Study. The International C2 Journal, vol. 4, no. 3, hlm. 1-28.
Chiappetta, E.L, Fillman, D.A, dan Sentha, G. H. (2012a) “A Method to Quality Major Themes of Scientific Literacy in Science Textbooks”. Journal of Research in science teaching. 28, (8), 713-725
Dimopoulos, I.D., Stefanos, P & John, D.P. (2015). Planning Educational Activities and Teaching Strategies On Constructing a Conservation Educational Module. International Journal of Environmental & Science Education, vol. 4, no. 4, hlm. 351-364.
Ergul, E., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., Sanli, M. (2011). The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students’ Science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian International Journal of Science and Education Policy (BJSEP),vol. 5, no. 1, hlm. 48-52.
Holbrook Jack. (2014). “The Meaning of Scientific Literacy”. International Journal of Environmental & Science Educational, 4 (3), 144-150
Hobson Art. (2012). “Teaching Relevant Science For Scientific Literacy”. Journal of College Science Teaching.
Lasmana, O. 2011. Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) Disertai Compact Disc (CD) Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Animalia Mata Pelajaran Biologi RSBI SMA. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
PISA. 2015. Ranking by Mean Score for Reading, Mathematics and Science. Online(http://www.pisa.oecd.org/pages/0,3417,en322523513223573111111,00.html Diakses 21 Desember 2017).
Prasasti, P. A. T. (2017). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 19-26.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Pinkan Amita Tri Prasasti, & Ivayuni Listiani. (2018). GUIDED EXPERIMENTS BOOK BERBASIS SETS (SCIENCE ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MEMBERDAYAKAN SCIENCE PROCESS SKILL SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 3(1), 139–142. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/224